Sukses

Sikap Orangtua Seperti Ini Banyak Dipuji Psikolog

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pernah memperhatikan aktivitas Pangeran William menemani putra sulungnya, Pangeran George, mungkin sikapnya seperti orangtua kebanyakan. Namun ternyata ada sikap yang paling dipuji para psikolog dan ahli perilaku.

Seperti diberitakan Mirror, Kamis (28/7/2016), Pangeran William sepertinya tahu benar cara mengasuh buah hatinya ini. Tak sedikit, foto-foto yang menunjukkan dia selalu berusaha berjongkok, menatap mata, dan bicara dekat dengan anaknya.

Prince George is spoken to by his father the Duke of Cambridge

"Kuncinya adalah mendengarkan anak. Dia melakukannya dengan baik. Berjongkok untuk berbicara dengan anak balitanya, memastikan kontak mata, dan berada di dekat si kecil," tulis terapis anak, Teresa Newmark, MA, CCC-SLP.

Lantas, mengapa hal sederhana bisa berdampak baik?

Para ahli menganggap hal ini merupakan teknik agar anak menjadi pendengar yang aktif. Ke depan, anak akan selalu memperhatikan apa yang dikatakan orangtua dan tahu apa yang harus dikatakan serta bagaimana mengatakannya. "Ini tentang bahasa tubuh, infleksi suara dan sikap keseluruhan."

Teresa menerangkan, anak-anak dapat membaca wajah orangtuanya dan melihat mulut Anda ketika bicara. "Mereka bisa melihat semua artikulator, seperti bibir, gigi dan lidah, bahkan gerakan untuk membentuk kata-kata. Mereka belajar bagaimana membentuk kata-kata sendiri. Mereka dapat mendengar Anda lebih baik dan sebaliknya, Anda dapat mendengar mereka lebih baik," ujar Newmark.

Did the Queen tell Prince William off during her 90th birthday celebrations?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.