Sukses

Susu Kecoak, Kaya Protein dan Aman untuk Manusia

Liputan6.com, Jakarta Minuman seperti susu sapi, susu kambing dan susu keledai sudah sering dikonsumsi manusia. Baru-baru ini, sebuah penelitian telah menemukan susu hewani yang berasal dari serangga, seperti dikutip dari Womenhealth, Rabu (27/7/2016).

Subramanian Ramaswamy, ahli biokimia dari The Institute for Stem Cell Biology and Regenerative Medicine di India, menyatakan telah menemukan susu kecoak. Ya, kecoak. Bagi sebagian orang, binatang ini dikatakan sangat menjijikkan.
Tak semua kecoa bisa menghasilkan susu, hanya jenis kecoa kumbang pasifik yang dapat menghasilkan susu karena jenis ini tidak bertelur.

Jika pada umumnya kecoak berkembang biak dengan cara bertelur, tapi tidak untuk jenis kecoa kumbang pasifik, yakni melahirkan. Susu dihasilkan dari kristal protein yang terdapat di dalam usus mereka.

Menurut para pakar, nutrisi yang terkandung dalam susu kecoak kaya akan protein, asam amino esensial, karbohidrat dan lipid.
Namun demikian hasil penelitian ini masih memerlukan pengujian lebih lanjut apakah kristal susu kecoak ini aman bagi manusia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini