Sukses

Hati-hati, 4 Makanan Sehat Ini Bikin Bau Badan Tak Enak

Mengonsumsi makanan yang memiliki unsur-unsur kimia tertentu, dapat membuat bau keringat yang kurang sedap. Padahal beberapa makanan tersebu

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang memiliki unsur-unsur kimia tertentu dapat membuat bau keringat kurang sedap. Padahal beberapa makanan itu merupakan makanan super sehat.

“Bau akan muncul dalam dua jam setelah mengonsumsi makanan tersebut dan bisa bertahan sampai beberapa jam,” ujar dokter kulit dan penulis Skin Rules: Trade Secrets From a Top Dermatologist, Debra Jailman.

Alternatifnya, Jailman menyarankan agar mengonsumsi makanan atau suplemen yang kaya akan klorofil, seperti peterseli segar atau daun ketumbar yang dikenal dapat melawan bau tidak sedap.

Dilansir dari mensfitness, Rabu (27/7/2016), berikut adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau tidak sedap:

1. Daging merah
Walaupun mungkin rasanya lezat, namun makanan ini dikenal dapat mempersingkat umur, membuat Anda lebih lapar dalam jangka panjang, dan membuat bau badan kurang sedap walaupun hanya sementara.

Menurut Jailman, porsi besar daging merah sulit dicerna, sehingga meninggalkan residu di tubuh. Ketika residu dilepaskan melalui keringat dan bercampur dengan bakteri, akan mengintensifkan bau badan Anda.

2. Asparagus
Asparagus sangat dikenal dapat membuat urin berbau busuk, namun hal ini hanya terjadi pada beberapa orang, “tergantung jika Anda memiliki gennya. Jika Anda memilikinya, maka Anda mencerna mercaptan (sebuah gas yang berbau tidak enak) di dalam asparagus,” jelas Jailman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Ikan

3. Ikan
Ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda karena memiliki lemak baik yang bagus untuk diet. Namun ikan juga mengandung kolin yang memberikan bau amis yang kuat ketika dikonsumsi, sehingga akan memberikan aroma tubuh yang kurang enak.

“Beberapa orang tidak memetabolisme daging ikan secara benar, sehingga mereka mengembangkan bau badan yang amis karena melepaskan senyawa trimetilamin melalui keringatnya. Ini merupakan kelainan genetik yang diwariskan, yang disebut trimethylaminuria,” ujarnya.

4. Makanan pedas
Jika Anda ingin menambahkan bahan-bahan pedas ke dalam makanan seperti bawang putih, bawang merah, atau kari, sebisa mungkin pakai sedikit saja. Bahan-bahan pedas tersebut kaya akan sulfur dan secara alami memberikan bau yang tidak enak pada keringat dan nafas Anda. Namun jangan tidak memakannya sama sekali, karena makanan pedas sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Karena itu, lebih baik dalam mengonsumsi makanan-makanan sehat tersebut, jangan terlalu berlebihan dan sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini