Sukses

Penyakit Diare Menular di Kolam Renang?

Liputan6.com, Jakarta Berenang memang menyenangkan, karena olahraga ini dapat menyehatkan tubuh tanpa memberikan tekanan yang berat pada sendi-sendi Anda. Namun tahukah Anda bahwa penyakit diare dapat ditularkan melalui kolam renang?

Menurut spesialis penyakit di Stanford Health Care, Dr. Edward Brooks, penyakit yang paling umum ditularkan di dalam kolam renang adalah penyakit diare.

“Tipe penyakit ini biasanya ditularkan ketika seseorang tidak sengaja menelan organisme saat berenang,” kata Brooks.

Organisme yang tersebar terjadi ketika seseorang yang mengalami diare, berenang dan mencemari air dengan mikroorganisme yang menular. Setelah mikroorganisme berada dalam air, orang yang menelannya saat itu, bisa menjadi sakit.

Untuk melindungi tubuh dari penyakit tersebut, Brooks menjelaskan, sangat penting bagi Anda untuk memastikan semua kolam renang yang Anda pilih terpelihara dengan baik.

"Jika Anda menggunakan fasilitas umum, lihat apakah kolam tersebut memenuhi standar keseimbangan klorin dan PH. Namun jika Anda memiliki kolam renang sendiri, coba belajar untuk memelihara air dengan baik,” ujarnya.

Semua kolam renang, harus dibersihkan dan didesinfeksi dengan produk klorin, yaitu zat yang digunakan untuk membunuh bakteri,virus, dan ganggang.

“Tanpa menggunakan bahan kimia ini, sama saja kita berenang dalam genangan kuman-kuman,” katanya.

Selain menggunakan bahan kimia tersebut, penting untuk mandi sebelum dan setelah Anda berenang untuk mencegah tertular penyakit diare. Pastikan juga untuk membersihkan baju renang dengan sabun dan air setelah digunakan.