Sukses

Menopause Bikin Wanita Cepat Tua?

Pada umumnya wanita mengalami menopause sekitar usia 49-50an tahun.

Liputan6.com, New York- Menua merupakan hal yang akan dialami semua orang seiring bertambahnya usia. Namun, ketika mencapai menopause, penuaan pada tubuh wanita akan lebih cepat.

Hal ini diketahui lewat studi yang dilakukan terhadap lebih dari 3.100 wanita yang telah alami menopause. Peneliti dari University of California, Amerika Serikat memeriksa sampel darah sehingga bisa menentukan usia biologis bukan usia kronologis setiap wanita.

Rata-rata, saat menopause wanita mengalami percepatan sel enam persen lebih cepat seperti diungkap profesor genetika manusia, Steve Horvath.

Pada umumnya wanita mengalami menopause sekitar usia 49-50an tahun. Jika menopause terjadi lebih cepat, misalnya pada usia 42 tahun, hal ini akan membuat wanita ini secara biologis lebih tua dibandingkan wanita lain.

Lalu, diketahui juga para wanita yang alami pengangkatan rahim sebelum usia 50 tahun juga alami penuaan biologis dibandingkan wanita lain. Hal ini diketahui lewat analisis sel-sel darah.

"Perubahan hormonal yang terjadi pada saat menopause ternyata bisa mempercepat penuaan biologis pada wanita," tutur peneliti dalam Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Hal ini membuat wanita yang mengalami menopause dini memiliki risko yang lebih meningkat terkena penyakit terkait usia atau kematian dini seperti dikutip laman Live Science, Selasa (26/7/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.