Sukses

Latihan Terbaik Kurangi Berat Badan Setelah Hamil

Liputan6.com, Jakarta Setelah melahirkan bayi, para ibu kerap kali berusaha mengurangi berat badan yang bertambah selama kehamilan dulu. Namun, hal ini terasa sulit karena butuh banyak waktu juga untuk mengurus bayinya. Lalu bagaimana caranya?

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 774 wanita, para peneliti menemukan di antara wanita yang memiliki BMI normal sebelum hamil, hampir sepertiganya memiliki berat badan yang berlebih atau bahkan obesitas satu tahun setelah melahirkan. 

Karena hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, perlu sekali untuk para ibu meluangkan sedikit waktu memperhatikan berat tubuhnya. Dilansir dari cheatsheet, Selasa (26/7/2016), berikut adalah beberapa latihan yang dapat membantu Anda mengurangi lemak yang berlebih setelah hamil:

1. Berjalan

young mother pushing a stroller as she walks
Berjalan merupakan cara yang paling mudah membuat tubuh kembali bergerak. Caranya, setelah berjalan-jalan pada jalanan yang datar, Anda bisa mencoba untuk menaiki jalanan yang menanjak. Menurut artikel Fitness, Anda bisa membakar 80 sampai 800 kalori setiap 10 menit. Selain itu, Anda pun juga bisa membawa si kecil dalam kereta bayi saat melakukannya.

1 dari 4 halaman

2. Senam penguatan otot inti perut

2. Senam penguatan otot inti perut

woman doing glute bridge on a yoga mat
Latihan ini penting setelah melahirkan, karena otot-otot tersebut melebar dan lebih lemah selama kehamilan, sehingga dapat menyebabkan sakit dan nyeri hampir di seluruh tubuh. Mulailah dengan menyiapkan matras, kemudian lakukan gerakan sederhana untuk menguatkan punggung dan perut Anda.

2 dari 4 halaman

3. Berenang

3. Berenang

woman pushing off the wall in a pool
Berenang sangat efektif untuk membakar kalori karena olahraga ini mengaktifkan setiap otot dalam tubuh, ditambah tidak memberikan tekanan yang keras pada sendi-sendi Anda. Menurut Women’s Health, satu jam berenang dapat menyingkirkan 500 kalori.

3 dari 4 halaman

4. Bersepeda

4. Bersepeda

woman standing on the side of the road with her bike
Berolahraga dengan sepeda merupakan cara yang bagus untuk membuat tubuh bergerak sambil menikmati pemandangan. Namun pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum melakukannya. Pregnancy menjelaskan biasanya olahraga ini tidak terlalu nyaman untuk wanita sampai lewat satu bulan setelah melahirkan.

Experienced Life menyarankan wanita yang tidak terlalu aktif sebelum atau selama melahirkan lebih baik melakukan olahraga ini selama 10 sampai 20 menit tiga kali seminggu. Sedangkan untuk mereka yang aktif sebelum hamil, dapat melakukannya selama 30 menit.

Video Populer

Foto Populer