Sukses

Makanan Ini Pengganti Bahan Bakar Otot

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat memaksimalkan performa latihan dan pemulihan tubuh Anda setelah berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda berpikir menenggak minuman pre-olahraga untuk memaksimalkan latihan Anda dan merangsang pertumbuhan otot, Anda hanya setengahnya saja benar.

Karena, tubuh juga membutuhkan karbohidrat dan protein yang cukup saat menjalani latihan. Ada beberapa makanan yang jika tidak dikonsumsi, akan menyebabkan kinerja latihan di bawah standar.

Menurut seorang ahli nutrisi, Paul Salter, MS, RD, berikut adalah beberapa makanan yang dapat memaksimalkan performa latihan dan pemulihan tubuh Anda setelah berolahraga, seperti yang dilansir dari bodybuilding, Selasa (26/7/2016):

1. Makanan yang membantu memaksimalkan performa olahraga

a. Kue beras

Kue beras dapat membuat Anda melakukan latihan keras tanpa kesulitan, karena makanan ini sangat ringan dan mudah dicerna tubuh.

b. Buah yang dikeringkan

Makanan ini mengandung konsentrasi gula yang tinggi, yang berarti walaupun hanya memakannya dalam jumlah yang sedikit, Anda tetap akan menerima bahan bakar tubuh yang cukup untuk melakukan olahraga.

c. Kentang manis

Kentang manis mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan dorongan ekstra seperti yang Anda butuhkan untuk melakukan latihan dengan baik. Makanan ini juga kaya kalium yang berperan dalam mengoptimalkan kontraksi otot dan hidrasi tubuh.

 

2. Makanan yang membantu tubuh untuk terus tumbuh setelah olahraga

a. Protein whey

Setelah bertahun-tahun, protein whey masih tetap menjadi pilihan utama makanan pra-latihan. Sifatnya yang mudah dicerna, memberikan dorongan tingkat asam amino yang lebih cepat daripada sumber lainnya.

b. Putih telur

Dibandingkan sumber protein lainnya, telur memiliki kualitas yang terbaik sebagai pemulihan tubuh setelah berolahraga, dan membantu tubuh untuk terus tumbuh. Selain itu, putih telur juga dikemas oleh protein, serta dapat dicerna tubuh dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini