Sukses

Hb Tinggi seperti Ustaz Zacky Mirza Belum Tentu Tanda Leukemia

Kondisi kesehatan Ustaz Zacky Mirza terus menurun.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kesehatan Ustaz Zacky Mirza terus menurun. Setelah didiagnosis penyakit polisitemia vera, salah satu jenis gangguan pada sumsum tulang, dia mengaku bisa mengalami leukemia bila hemoglobinnya (Hb) tinggi.

Menanggapi hal tersebut dokter spesialis radiasi Kanker, dr. Enrico Napitupulu, Sp. Onk. Rad, mengatakan leukimia memiliki gejala yang tidak khas dan pemeriksaannya tidak semata-mata hanya berdasarkan tes darah.

"Leukemia itu banyak macamnya dan tidak ada gejala yang khas sehingga untuk tahu leukemia bukan dinilai dari Hb saja," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (26/7/2016).

Sedangkan mengenai Hb, kata Enrico, leukimia ditandai dengan kadar hemoglobin (Hb) yang berada di bawah normal. Pada umumnya, ditandai dengan lemas dan cepat lelah, mudah sesak napas, kepala pusing, dan jantung berdebar-debar karena harus bekerja lebih berat untuk mengimbangi kadar Hb yang rendah.

"Semua faktor terjadi karena abnormalitas komponen bawah misalnya leukosit, trombosit, dan sebagainya. Biasanya, ketika dia drop, diperiksa, juga enggak langsung didiagnosis gejala leukemia dan sebagainya karena dokter akan melakukan pemeriksaan bertahap. Misal dari klinik, kalau dia makin lemes, bisa pemeriksaan ulang dan periksa darah. Bila tidak ada perubahan, dia bisa disarankan melakukan pemeriksaan sumsum tulang hingga dokter spesialis nanti yang tentukan," tukasnya.

Sebelumnya, Zacky mengatakan, dia memiliki Hb antara 16-17--yang batas normalnya 15. Menurutnya, jika Hb-nya terus naik, dia bisa memiliki gejala leukemia. 

Alhasil, dokter pun memberikan beberapa pesan kepada Zacky Mirza. Selain menjaga pola makan dan tidurnya, bapak empat anak itu juga diminta untuk mengurangi beban pikiran.

"Soal beban pikiran harus dikurangi. Pola makan dan tidur juga harus diperhatikan. ‎Soalnya Ustaz sempat diare juga katanya," ucap asisten Ustaz Zacky Mirza, Syarief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini