Sukses

Sedang Emosi? Coba Cicipi 6 Makanan Ini

Tak sedikit orang yang melampiaskan emosinya dengan beralih ke makanan.

Liputan6.com, Jakarta Kala emosi, stres, dan depresi melanda, seseorang bisa mengalami penurunan kualitas hidup yang menghambat segala aktivitas sehari-hari.

Selain berlibur, mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini mampu memperbaiki suasana hati dan perasaan menjadi lebih baik dan normal. Seperti dikutip laman Health, Senin (25/07/2016) berikut enam makanan dan minuman yang mampu meringankan emosi yang bergejolak.

1. Sayuran hijau

"Sayuran hijau seperti bayam mengandung folat, yang menghasilkan dopamin dan merangsang kimia pada otak, sehingga membantu Anda tetap tenang," kata Heather Mangieri, RDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Studi 2012 dari Journal of Affective Disorders juga mengungkapkan dari 2.800 orang paruh baya dan lanjut usia yang rutin mengonsumsi sayuran hijau berisiko lebih rendah terhadap depresi dibandingkan dengan orang yang sedikit mengonsumsinya. Di tahun selanjutnya, University of Otago menemukan para mahasiswa cenderung lebih tenang, merasa bahagia, dan lebih energik saat usai mengonsumsi sayur dan buah secara rutin.

2. Dada kalkun

Makanan khas Turki ini mengandung asam amino, triptofan, dan protein yang mampu menghasilkan serotonin--senyawa kimia yang mengatur rasa lapar dan perasaan bahagia. Studi Journal of Psychiatry Neuroscience tahun 2006 menunjukkan bahwa triptofan dapat menghasilkan perasaan atau mood yang baik pada pria dan wanita usai mengonsumsinya.

Tak hanya pada dada kalkun, seperti tahu, ikan, kacang-kacangan, gandum, dan telur mengandung triptofan yang menenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salmon dan Kacang mede

3. Salmon

Saat dilanda stres, maka hormon kecemasan akan mengalahkan adrenalin kesenangan dalam tubuh. Mengonsumsi salmon akan mengembalikan adrenalin menjadi lebih baik dari sebelumnya--akibat kandungan asam lemak omega-3 yang bersifat anti-inflamasi dan efektif melawan efek negatif dari hormon stres.

4. Blueberry

Cynthia Sass, MPH, RD, editor nutrisi kesehatan, mengatakan, "Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memakan blueberry akan mengalami dorongan sel pembunuh alami yang memainkan peran penting dalam melawan stres."

5. Susu

Vitamin D dalam susu dapat meningkatkan kebahagiaan. Studi yang dilakukan London's UCL Institute of Child Health menemukan hubungan antara menurunnya vitamin D dan peningkatan risiko panik dan depresi pada 5.966 pria dan wanita.

Orang yang memiliki kadar vitamin D rendah lebih rentan terhadap depresi dibandingkan dengan orang yang memiliki asupan vitamin D yang lebih.

6. Kacang mete

Satu ons kacang mede dapat mengurangi rasa cemas pada manusia. Peneliti menunjukkan bahwa zinc dalam jenis kacang ini yang kaya mineral mampu membantu seseorang melawan rasa marah dan berkemampuan lebih dalam berkonsentrasi.

Nutrition and Metabolic Insights mengungkap bahwa asupan zinc mampu mempengaruhi suasana hati seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini