Sukses

Normalkah Wanita Alami Wasir Usai Melahirkan?

Tekanan yang ekstrem yang terjadisaat proses melahirkan menyebabkan terjadinya wasir usai melahirkan, wajarkah hal tersebut?

Liputan6.com, Jakarta Usai melahirkan sering kali wanita mengalami wasir akibat tekanan selama proses melahirkan, namun wajarkah ini terjadi?

Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dari RS Columbia Asia, Semarang, dr. Olivia Franciska Laksmana, menjelaskan, pada saat proses melahirkan, tekanan yang kuat menyebabkan varises vena di bagian dubur itu bisa keluar.

"Wasir bisa menjadi komplikasi yang paling biasa terjadi pada ibu melahirkan. Tapi enggak semua orang juga. Ada juga wanita yang bakatnya varises disini (bagian kaki)," ujarnya pada wartawan Health- Liputan6.com, ditulis Selasa (26/07/2016).

Mengutip laman Deal with Hemorrhoids, wasir yang mengganggu dapat diatasi dengan olahraga rutin yang dikonsentrasikan pada bagian otot-otot paha dan bokong atau dengan jogging dan berlari. 

Ibu hamil juga dianjurkan untuk melatih pernapasan dan beberapa latihan dasar pernapasan dan peregangan otot seperti yoga, demi mencegah kondisi wasir yang kronis usai melahirkan, tulis Boldsky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini