Sukses

Anjuran dan Pantangan Saat Jogging

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas fisik seperti jogging menjadi pilihan tepat untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh. Banyak juga individu yang memilih latihan ini sebagai aktivitas fisik dalam usaha menyusutkan berat badan.

Namun sebelum hendak memulai jogging, perhatikan beberapa hal berikut yang tidak boleh dilakukan dan boleh dilakukan dalam jogging. Seperti dikutip laman Boldsky, Senin (25/7/2016).

Anjuran:

1. Gunakan pakaian olahraga berbahan tipis dan bersifat baik dalam menyerap air atau keringat. Penting juga untuk mengenakan sepatu khusus yang nyaman dan tak mudah robek atau jebol.

2. Ambil beberapa menit untuk melakukan pemanasan sebelum memulai. Walau jogging tak membutuhkan tenaga yang berat seperti berlari 1.000 kilometer--namun pemanasan patut dilakukan untuk merenggangkan tubuh dan otot.

3. Minumlah cukup air selama jogging untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama beraktivitas.

4. Mulailah langkah perlahan saat memulai jogging, jika tubuh sudah merasa stabil maka tambah kecepatan jogging.

Pantangan:

1. Jangan gunakan earphone selama jogging, sebab Anda akan kehilangan perhatian selama berlari. Sehingga Anda tak mendengar jika ada kendaraan melintasi Anda.

2. Usai jogging tubuh akan dibanjiri keringat dan membuat baju basah. Segera mengganti pakaian Anda agar tak mengalami hipotermia.

3. Jangan melakukan jogging saat tubuh memiliki luka yang belum sembuh total. Sebab jika Anda memaksakannya rasa sakit akan semakin menyerang tubuh.

Video Populer

Foto Populer