Sukses

Studi: Pakai Kantong Belanja Ulang Bisa Bikin Gemuk

Siapa sangka, penggunaan kantong belanja ulang bisa membuat seseorang jadi lebih banyak membeli makanan instan yang tinggi gula dan garam.

Liputan6.com, New York- Salah satu cara untuk mencintai bumi dengan menggunakan kantong belanja ulang yang tahan lama untuk mengurangi kantong plastik. Namun siapa sangka, penggunaan kantong belanja ini bisa membuat seseorang jadi lebih banyak membeli makanan instan yang tinggi gula, garam ataupun lemak. 

Hal ini diketahui setelah peneliti membandingkan antara apa yang dibeli orang dengan kantong belanja sekali pakai dengan kantong belanja ulang. Ternyata mereka yang menggunakan kantong belanja ulang tujuh persen lebih banyak mengambil makanan yang tinggi gula, lemak, garam seperti dikutip laman Men's Health, Senin (25/7/2016).

Mengapa bisa begitu ya?

Menurut peneliti, orang-orang yang menggunakan tas belanja ulang membuat dirinya jadi sosok yang baik karena membantu menjaga lingkungan. Ketika sudah membuat sebuah keputusan bijak hal ini mendorong untuk melakukan sesuatu yang disukai sebagai imbalannya. Dalam hal ini membeli makanan yang disuka seperti keripik kentang atau biskuit cokelat seperti dituturkan salah satu penulis studi Uma Karmakar dari Harvard, Amerika Serikat.

Bila tak ingin membeli barang tak diinginkan cobalah untuk membuat daftar belanjaan secara detil. Sehingga Anda tetap bisa menggunakan kantong belanja ulang tanpa harus membuat gemuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini