Sukses

Konsumsi Alkohol Tingkatkan Risiko Terkena 7 Jenis Kanker

Tak hanya pecandu, mereka yang mengonsumsi alkohol dalam level sedang juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker.

Liputan6.com, New York - Bukan hanya pecandu minuman beralkohol yang berisiko terkena penyakit, mereka yang mengonsumsi alkohol dalam level sedang (moderat) memiliki potensi terkena paling tidak tujuh jenis kanker.

Menurut peneliti dari Selandia Baru ada hubungan antara konsumsi alkohol dengan berkembangnya penyakit kanker mulut, tenggorokan, laring, esofagus, hati, usus, dan payudara. Studi yang dipublikasikan pada jurnal Addiction Kamis pekan lalu juga menyebutkan sekitar 5,8 persen kematian kanker disebabkan karena alkohol.

"Ada bukti kuat alkohol bisa menyebabkan kanker di tujuh lokasi tubuh serta mungkin di tempat lain," tutur salah satu peneliti yang juga profesor dari Preventive and Social Medicine at University of Otago, Selandia Baru, Jennie Connor.

Hasil ini didapatkan lewat analisis data 10 tahun terakhir dari World Cancer Research Fund dan American Institute for Cancer Research.

Diketahui bahwa ada hubungan tentang banyak sedikitnya konsumsi alkohol terkait dengan kanker. Ini artinya risiko kanker meningkat ketika asupan alkohol tinggi serta menurun ketika berkurang minuman keras ini.

"Risiko terbesar (kena kanker) terjadi pada peminum berat, tapi tetap ada risiko bagi yang mengonsumsi dalam jumlah sedikit maupun sedang," tambah Connor lagi mengutip laman NY Daily News, Senin (25/7/2016).

Sayangnya, Connor belum mengetahui secara pasti mekanisme apa yang menyebabkan minum alkohol bisa menyebabkan kanker.

Namun, hasil studi ini tidak disetujui oleh salah seorang dokter Sam Zakhari. Menurutnya studi ini kurang memiliki kredibilitas ilmiah. Zakhari berargumen laporan ini tidak memperhitungkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kanker.

"Kanker adalah penyakit kompleks yang belum sepenuhnya dipahami dan butuh penelitian lanjut," kata Zakhari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini