Sukses

Cara Pertahankan Kehidupan Seks dengan Pasangan Kanker

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu menjaga kehidupan seks Anda dan pasangan selama pengobatan kanker payudara

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada yang lebih menakutkan daripada mendengar berita bahwa pasangan Anda memiliki kanker payudara. Dan wanita kerap berusaha untuk kembali ke kehidupan seks, setelah munculnya kanker tersebut.

Bahkan kadang-kadang wanita merasa bersalah karena tidak bisa memiliki atau memberikan aktivitas seksual seperti biasanya. Padahal, mereka sudah melalui rasa sakit yang sangat ketika menjalani kemoterapi, serta perjuangannya melawan hidup dan mati.

Namun menurut pendidik hubungan dan terapis, Laura Berman, PhD, keintiman dan kepuasan seksual tidak selalu pudar hanya karena sakit yang buruk seperti kanker.

Dilansir dari Foxnews, Senin (25/7/2016), berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu menjaga kehidupan seks Anda dan pasangan selama pengobatan kanker payudara:

1. Pertimbangkan tingkat energinya

Pengobatan kanker dapat membuat orang kelelahan dan mual, namun mungkin ada waktu atau hari tertentu ketika mereka merasa lebih baik dari hari yang lain, seperti tampak lebih santai dan nyaman. Jika saat tersebut tiba, jangan tunda aktivitas seksual Anda dan pasangan.

2. Sadari perubahan tubuhnya

Pengobatan kanker juga dapat menyebabkan vaginanya kurang berpelumas, sehingga lebih baik lakukan lebih banyak foreplay untuk menstimulasi pasangan Anda.

Namun jika seks sudah terasa tidak nyaman, coba bicarakan dengan dokternya, karena ada beberapa resep pelumas yang bisa sangat berharga bagi Anda dan pasangan.

3. Jangan berpikir seks sebagai tujuan

Keintiman tidak harus selalu mencapai tujuan akhir, yaitu seks. Sebaliknya, dengan Anda hadir di sisi pasangan Anda dan saling menikmati tubuh satu sama lain, seperti saling menyentuh, berciuman, serta saling memijit, sebenarnya tidak harus selalu mengarah ke hubungan seksual.

4. Memahami dirinya

Ia mungkin berjuang untuk mendapatkan suasana hati yang baik. Biasanya hal ini bisa dipengaruhi oleh perawatan yang ia jalani. Kehilangan rambut dan mungkin salah satu atau kedua payudaranya mungkin bisa sangat memukulnya. Sehingga lebih baik bersabarlah dan cintai dirinya dengan sangat.

Biarkan dia tahu bahwa bekas lukanya membuat ia menjadi lebih indah, Anda pun akan menjadi lebih terangsang dengannya, karena Anda melihatnya lebih kuat dari dia sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini