Sukses

Pedoman Bagi Orangtua dalam Melindungi Hak Anak

Liputan6.com, Jakarta Dalam merayakan Hari Anak Nasional, Wahana Visi Indonesia (WVI) yang bekerja sama dengan Forum Anak Jakarta didukung dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Sosial RI, dan BPMPKB Provinsi DKI Jakarta menyebarkan 3.000 buku saku pedoman perlindungan anak, Minggu (24/07) di area Car Free Day, Thamrin, Jakarta.

Masyarakat khususnya orangtua perlu mengetahui bahwa anak juga memiliki hak yang patut didapatkan. Terdapat empat hak dasar anak yang mencangkup, hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi.

Pola mendidik anak dengan tindak kekerasan baik dari perilaku dan ucapan, perlu diubah sejak dini. Walau anggapan kekerasan dapat menciptakan kedisiplinan, namun cara tersebut bukanlah cara yang efektif untuk mendidik anak.

Penting diingat bahwa orangtua harus peka, percaya, dan peduli terhadap anak. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI meringkasnya dalam Ingat 3P, Peka terhadap perubahan anak baik segi fisik, perilaku, dan sosial, Percaya apa yang dikatakan anak, dan Peduli dengan mendengarkan anak dan memberikan dukungan dan kasih sayang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.