Sukses

Tanda-tanda Anda Miliki Gangguan Tidur Kronis

Terlalu lama tidur dan terlalu pendek waktu tidur Anda menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang mengancam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan kebutuhan dalam hidup manusia, tetapi bukan berarti Anda harus tidur dengan waktu yang panjang agar tubuh selalu fit dan berenergi.

Terlalu lama tidur dan terlalu pendek waktu tidur Anda menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang mengancam tubuh. Waktu tidur harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan usia.

Mengutip laman Health, Minggu (24/07/2016), penting mengetahui hal berikut ini yang menandakan Anda dilanda gangguan tidur kronis.

1. Merasa lelah

Jika Anda sudah tidur delapan jam, namun bangun dengan tubuh yang lelah dan tak segar ini menjadi tanda individu memiliki gangguan tidur.

2. Mendengkur

Beberapa dengkuran mungkin tidak berbahaya namun terdapat juga masalah gangguan tidur yang ditandai dengan dengkuran. Tidur dengan dengkuran membuat saluran napas terhambat dan seketika Anda dapat berhenti bernapas saat tidur.

3. Selalu tidur di siang hari

Tidur siang cukup penting untuk tubuh, selain memberikan suasana yang lebih fresh, tidur siang juga baik untuk melepaskan toksin jahat yang menghambat aktivitas di siang hari. Masalahnya jika Anda selalu mengantuk di siang hari mungkin tubuh kurang mendapatkan tidur yang cukup atau dilanda gangguan tidur lainnya.

4. Sulit tidur dan mudah tidur

Kesulitan tidur atau mudah tertidur dalam kurun waktu satu bulan, kondisi ini memungkinkan bahwa proses kerja otak terganggu dan menyebabkan keinginan tidur terus menerus. Individu dengan kondisi ini perlu mendapatkan obat atau terapi khusus untuk mengembalikan kualitas tidur normal kembali.

5. Sindrom gelisah

Kegelisahan yang terjadi pada kondisi depresi, stres,dan sakit kronis mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Penting untuk berkonsultasi kepada dokter jika Anda dilanda sindrom ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.