Sukses

4 Obat Pertolongan Pertama Dari Dapur Anda

Liputan6.com, Jakarta Bumbu-bumbu dapur memang diperlukan untuk selalu ada, agar kita tidak kesulitan ketika ingin memasak. Namun tahukah Anda bahwa mereka juga bisa menjadi obat pertolongan pertama untuk mengobati luka?

Anda harus selalu memiliki perban dan salep pertolongan pertama di rumah. Namun menurut ketua Departemen Obstetri atau Ginekologi dan Ilmu Reproduksi, DR. Manny Alvarez, di Hackensack University Medical Center, beberapa bumbu dapur ini juga dapat membantu Anda, dilansir dari foxnews, Minggu (24/7/2016):

1. Bawang

Bawang dapat digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar. Oleskan potongan bawang pada kulit yang terbakar secepatnya untuk membantu mengurangi rasa sakit. Bumbu dapur ini juga dapat digunakan akibat sengatan lebah.

2. Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari umur panjang dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk menyembuhkan jantung. Namun teh hijau juga berguna untuk membantu menyejukkan dan mengurangi mata yang bengkak dan menyusutkan pembuluh darah.

3. Madu

Madu ternyata berguna untuk mengobati mabuk, karena madu membantu tubuh memetabolisme alkohol lebih cepat. Selain itu, madu juga mengandung kalium yang hilang setalah Anda minum alkohol.

4. Garam

Garam sangat baik sebagai anti-inflamasi. Gunakan garam untuk mengobati sakit tenggorokan dengan cara berkumur dengan air garam.