Sukses

Bayi Lebih Cepat Belajar Bicara Jika Suasana Hening

Sebuah studi baru menunjukkan, kebisingan dapat menghambat kemampuan balita untuk mempelajari kata-kata baru.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi baru menunjukkan, kebisingan dapat menghambat kemampuan balita untuk mempelajari kata-kata baru.

"Rumah modern dipenuhi dengan gangguan bising seperti TV, radio, dan orang-orang berbicara yang dapat mempengaruhi bagaimana anak-anak belajar kata-kata pada usia dini," kata pemimpin penelitian Brianna McMillan.

"Studi kami menunjukkan bahwa orang dewasa harus menyadari jumlah kebisingan dalam lingkungan saat mereka berinteraksi dengan anak-anak," kata McMillan, seorang mahasiswa doktoral di bidang psikologi di University of Wisconsin di Madison.

Para peneliti dari universitas menilai kemampuan 106 anak--berusia 22 sampai 30 bulan--untuk mempelajari kata-kata baru. Mereka menemukan balita lebih berhasil belajar bila lingkungan mereka tenang daripada ketika ada kebisingan, dilansir dari laman WebMD, Sabtu (23/7/2016).

Tetapi menurut penelitian ini, mengajarkan bahasa isyarat dapat membantu mengatasi kebisingan tersebut. Temuan ini terbit pada tanggal 21 Juli di jurnal perkembangan anak-anak.

"Belajar kata-kata merupakan keterampilan dasar yang penting bagi kemampuan anak untuk membantu pendidikan akademisnya," kata McMillan dalam rilis berita jurnal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini