Sukses

Kenali Kondisi Kesehatan Anda Lewat Bau Mulut

Ada istilah bahwa tubuh selalu “berbicara” pada kita untuk memberikan sinyal tentang kondisi tubuh termasuk bau mulut.

Liputan6.com, Jakarta Ada istilah bahwa tubuh selalu “berbicara” pada kita untuk memberikan sinyal tentang kondisi tubuh termasuk bau mulut.

Meski sudah rutin menggosok gigi, dan menggunakan obat kumur tapi napas masih bau. Karena itu bisa jadi itu pertanda bahwa tubuh sedang mengirim sinyal ada sesuatu yang salah dalam tubuh Anda, seperti dikutip Prevention, Sabtu (23/7/2016). Coba cek kondisi kesehatan Anda lewat bau mulut berikut ini :

Jika napas Anda bau seperti kapur barus
Anda mungkin sedang menderita alergi atau infeksi sinus. Bila Anda memiliki masalah sinus kronis, bakteri di mulut dapat mengubah protein dalam lendir menjadi senyawa yang disebut skatole. Minum obat alergi, atau minum antibiotik.

Jika napas Anda bau buah
Anda mungkin memiliki diabetes. Gula dalam aliran darah digunakan untuk energi. Jika gula darah naik, sel-sel tubuh akan mulai membakar lemak untuk energi. Hasil sampingan dari proses yang keton yang dapat membuat napas Anda bau buah.

Jika napas Anda bau seperti susu asam
Anda mungkin intoleran laktosa. Bau ini menunjukkan bahwa Anda sedang berhenti makan protein, kata Harold Katz, DDS, dokter gigi, bakteriologi, dan pendiri California Breath Clinics. Bau mulut ini juga menandakan Anda sedang mengalami diare, dan kram.

Jika napas Anda bau seperti popok kotor
Anda mungkin memiliki batu amandel. Bakteri dan puing-puing bisa terjebak di amandel dan keluar melalui celah-celah batu amandel dan memberikan aroma seperti popok kotor.

Jika napas Anda bau seperti bau busuk
Anda mungkin memiliki penyakit paru-paru. Bau busuk yang keluar dari mulut menjadi tanda dari masalah paru-paru mulai dari infeksi seperti pneumonia sampai kanker. Menariknya, tes napas yang dirancang untuk mengidentifikasi bau yang terkait dengan kanker saat ini sangat efektif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini