Sukses

Cara Menghindari Leher Kaku

Coba ikuti langkah-langkah ini untuk menghindari masalah leher kaku.

Liputan6.com, Jakarta Bangun di pagi hari dengan leher kaku adalah sebuah masalah yang kerap kali terjadi pada kita. Leher kaku juga dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Untuk mengatasi leher kaku, cobalah menghindari penyebabnya. Rasa sakit biasanya datang secara bertahap sepanjang malam, namun Anda tidak menyadarinya sampai keesokan pagi.

Coba ikuti langkah-langkah ini untuk menghindari masalah leher kaku seperti yang dilansir dari ehow, Senin (25/7/2016):

1. Gunakan bantal yang tepat

Pastikan bantal Anda mengangkat kepala sekitar tiga inci (7,62 sm) lebih tinggi dari tubuh Anda. Bantal yang baik dapat membuat kepala dan leher Anda nyaman sepanjang malam.

2. Tidur di kasur kokoh

Walaupun Anda memiliki bantal yang tepat, kasur yang terlalu lembek dapat membuat postur tubuh tidak baik. Postur yang baik selama tidur, sama pentingnya dengan postur yang baik saat siang hari.

3. Hindari tidur di ruang terbuka

Jendela kamar yang terbuka dan udara segar memang dapat bermanfaat, namun angin yang bertiup ke leher Anda sepanjang malam dapat mendinginkan otot leher, sehingga menyebabkan rasa kaku di pagi hari. Sama halnya dengan tidur menggunakan AC.

4. Jangan tidur tengkurap

Postur tidur ini akan mengangkat kepala Anda secara tidak benar dan dapat memaksa kepala Anda untuk berada di satu sisi terlalu lama, sehingga akan menyebabkan leher kaku. Jika Anda memiliki kecenderungan tidur seperti ini, coba tempatkan bantal di setiap sisi tubuh untuk menjaga Anda tidak tengkurap.

5. Redakan ketegangan leher dengan beberapa peregangan sederhana sebelum tidur

Stres yang diakibatkan pada siang hari, bisa terbawa hingga menjelang tidur. Jika Anda tidak mengambil langkah-langkah untuk mengendurkan otot leher yang kaku, ketegangan leher dapat bertambah hingga keesokan harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.