Sukses

Kari Bisa Atasi Kebotakan pada Pria, Benarkah?

Peneliti Jepang berpendapat rambut tebal yang dimiliki penduduk negaranya disebabkan oleh satu jenis makanan yang dikonsumsi yakni kari.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa negara seperti Jepang dan India memiliki tingkat kebotakan yang rendah pada penduduknya. Sebagian orang berpendapat hal itu disebabkan oleh faktor genetik dan gaya hidup.

Tapi seorang peneliti Jepang berpendapat kecenderungan rambut tebal yang dimiliki penduduk negaranya disebabkan oleh satu jenis makanan yang mereka konsumsi, yakni kari (curry).

Mengutip laman Rocketnews24, pendapat tersebut muncul terkait survei yang dilakukan oleh pembuat wig di Jepang mengenai negara mana yang paling banyak memiliki penduduk pria yang mengalami kebotakan. Hasilnya, Jepang menduduki peringkat 14 dan jumlah pria botak di negara-negara Barat mencapai dua kali lipat Jepang. Sementara India bahkan tidak masuk dalam jajaran 20 negara yang penduduknya mengalami kebotakan.

Ahli gizi, Yoshiko Nakagawa berpendapat, kari yang berasal dari India dan juga populer di Jepang bisa mencegah pria mengalami kebotakan. Nakagawa menjelaskan alasannya, campuran berbagai bumbu dalam kari seperti kunyit, pala, dan cabai yang juga merupakan bahan pengobatan Timur, meningkatkan peredaran darah yang memicu pertumbuhan rambut.

Meski tampak masuk akal, beberapa netizen meragukan teori Nakagawa karena belum ada penelitian ilmiah mengenai hal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini