Sukses

3 Cara Mudah Memperkuat Sperma Anda

Berikut ini adalah tiga cara mudah untuk memperkuat sperma Anda, seperti

Liputan6.com, Jakarta Bagi pria, sangat penting untuk meningkatkan atau menjaga kualitas spermanya agar ia bisa membuahi sel telur. Namun ternyata, ada berbagai aspek yang bisa memengaruhi sperma, misalnya jumlah sperma, motilitas (seberapa baik sperma berenang), dan morfologi (ukuran dan bentuknya). 

“Semua pria yang ingin memiliki anak, baik sekarang atau di masa depan, harus memperhatikan kesehatan spermanya dan mengambil langkah-langkah apa pun yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sperma,” ujar Profesor Urologi dan Reproduksi di Weill Cornell Medical College dan New York Presbyterian Hospital, Darius Paduch , MD , Ph.D.

Dilansir dari Menshealth, Jumat (22/7/2016), berikut ini adalah tiga cara mudah untuk memperkuat sperma Anda, seperti:

1. Menurunkan berat badan
“Kelebihan lemak dapat menurunkan kadar testosteron yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk menghasilkan sperma,”ujar Paduch. Lemak di perut dan paha meningkatkan suhu tubuh, padahal sperma membutuhkan suhu yang lebih dingin, “pria yang menurunkan berat badan, secara alami akan meningkatkan kualitas spermanya,” tambahnya.

2. Meningkatkan mutu gizi makanan Anda
“Faktor yang menentukan apakah sperma tenggelam atau berenang adalah mitokondria yang merupakan baterai sel Anda,” ujarnya.

Sebuah studi dalam jurnal Human Reproduction menemukan, bahwa pria mengonsumsi banyak makanan kaya anti oksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan produk makanan yang memakai tepung gandum, dapat memerangi radikal bebas dan meningkatkan kualitas serta kuantitas sperma.

3. Kurangi konsumsi kedelai
Jika Anda sedang mencoba untuk memiliki anak, lebih baik lewati memakan sushi. Ikan mentah dilarang untuk wanita yang sedang hamil, sementara produk kedelai, seperti edamame dan kecap dapat mempengaruhi produksi sperma.

Kedelai mengandung fitoestrogen, yaitu senyawa alami dalam tanaman yang meniru hormon estrogen pada wanita. Jadi jika mengonsuminya, tubuh Anda akan merespon dalam meningkatkan estrogen dan mengurangi testosteron, sehingga produksi sperma pun berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.