Sukses

Sehatnya 5 Sajian Khas India

Lima menu makanan ala India ini mengandung manfaat sehat bagi tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara tentunya memiliki makanan khas, seperti sajian dari India yang dikenal hingga mancanegara. Selain lezat, ternyata makanan tersebut mengandung manfaat untuk kesehatan.

Seperti dilansir laman India Times, Kamis (21/07/2016) berikut kelima menu sehat tersebut:

1. Daliya

Gandum merupakan bahan utama menu sehat pagi hari di India. Mungkin umumnya gandum akan dikonsumsi berbentuk oatmeal atau sereal manis, tetapi tidak pada menu ini. Daliya memiliki rasa gurih dan pedas.

Daliya

Tak sedikit orang yang menambahkan menu makanan ini dalam menu dietnya.

2. Idli

Idli

Idli adalah menu sarapan umum di bagian selatan India. Makanan ini juga merupakan sumber karbohidrat dan protein yang baik, terlebih cara memasak makanan ini dikukus membuat kandungan lemak lebih rendah dan mudah dicerna.

3. Sattu

Menu sarapan ini berbahan dasar tepung panggang, Sattu memiliki nilai gizi yang tinggi. Di India cara mengolahnya dengan mencampur dalam air dan gula. 

Sattu

Mengonsumsi segelas Sattu dapat melindungi tubuh dari stroke, dan cukup mengenyangkan perut.

4. Dhokla

Dhokla

Dhokla yang terbuat dari tepung ini memiliki nilai gizi yang tinggi. Makanan ini dapat dijadikan camilan atau makanan ringan yang sempurna untuk penderita diabetes karena indeks glikemik yang rendah.

5. Sprouts

Sprouts

Kecambah seperti tauge merupakan sumber vitamin, protein, mineral, dan serat tinggi. Walau jenis makanan ini bukan khas India namun banyak digemari oleh orang-orang India, terlebih nutrisi yang baik dalam makanan ini mudah diserap oleh tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini