Sukses

Yang Perlu Anda Ketahui Jika Alergi Rumput

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menyukai bau rumput segar. Tapi bagi orang-orang yang alergi, hal ini dapat menyulitkan mereka. Apalagi jika Anda sedang berada di luar rumah atau mungkin sedang bepergian.

Menurut direktur eksekutif medis dan mantan presiden the American College of Allergy, Asthma & Immunology, Bob Lanier, MD, jika Anda memiliki alergi terhadap rumput, kemungkinan besar Anda juga alergi terhadap serbuk sari pada rumput. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya, seperti yang dilansir dari everydayhealth, Kamis (21/7/2016):

1. Sebisa mungkin jaga agar jendela, pintu rumah, dan pintu mobil tertutup.
2. Lebih baik berdiam diri di rumah ketika jumlah serbuk sari cenderung tinggi di lingkungan Anda.
3. Mandi, keramas, dan mengganti baju Anda setelah pulang bekerja atau bermain di luar ruangan.

Namun, ada satu hal yang tidak ampuh untuk orang-orang dengan alergi rumput, seperti misalnya memenuhi halaman rumah dengan batu. Padahal, serbuk sari rumput dapat mengapung di udara sejauh ratusan mil, sehingga apa yang ada di halaman rumah Anda relatif tidak penting dan tidak membantu. Serbuk sari tersebut dikirimkan oleh rumput-rumput tinggi di taman atau parit di lingkungan Anda.

Karena Anda tidak bisa menghindari serbuk sari tersebut sekaligus, Anda perlu untuk mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini dapat membantu mengurangi gejala, dengan cara memblokir histamin kimia yang diproduksi tubuh Anda ketika ada reaksi alergi.

Selain itu, semprotan steroid hidung yang dapat mengurangi peradangan dan kemacetan pun juga bisa Anda gunakan. Namun jika ingin menggunakannya, harus sesuai dengan resep dokter.

Orang yang alergi terhadap serbuk sari rumput, bisa juga memiliki alergi terhadap beberapa buah dan sayuran. Hal ini disebabkan oleh serbuk sari rumput yang terdapat pada makanan tersebut.

Jika memilikinya, kadang Anda dapat mengalami rasa gatal di mulut dan leher, pembengkakan bibir, mulut, lidah, dan tenggorokan ketika memakan seledri, melon, jeruk, peach, dan tomat.

Namun gejala tersebut biasanya dapat hilang dengan cepat, ketika Anda langsung mengeluarkan makanan tersebut dari mulut Anda. Memasak buah-buahan dan sayuran, juga dapat membantu mengurangi gejala alergi Anda.