Sukses

Ahli Ungkap Rahasia Tidur Sehat

Seiring bertambahnya usia, perubahan pola tidur kadang memicu berbagai masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, perubahan pola tidur kadang memicu berbagai masalah kesehatan. 

Meski obat dan gejala menopause juga mempengaruhi kualitas tidur, namun menurut Natalie Dautovich dari National Sleep Foundation, ada beberapa rahasia yang ia temukan dalam penelitiannya. Berikut ulasannya, seperti dilansir Huffingtonpost, Rabu (20/7/2016):

1. Pengelolaan cahaya

Karena kita sering berada di dalam ruangan kerja, kata Dautovich, penting untuk mendapatkan cahaya matahari di pagi hari. Terdengar tak ada kaitannya memang, namun menurut sebuah penelitian, orang yang tidak mendapat cahaya pagi menjadi faktor utama dalam menentukan ritme sirkadian kita.

Hal ini otomatis menjelaskan, bagaimana cahaya matahari di pagi hari dapat membantu tubuh mengatur jam tubuh dan memperbaiki kualitas tidur

Dautovich juga merekomendasikan untuk tidak melihat cahaya gawai sebelum tidur. Sebab cahaya dari perangkat elektronik dapat merangsang pelepasan melatonin, hormon yang menghilangkan perasaan kantuk.

2. Jangan menahan diri untuk tidur

Meski keesokan hari libur, Anda tetap perlu tidur secara teratur. Melakukan hal ini akan membantu sinkronisasi jam biologis tubuh Anda. Jika Anda terbiasa tidur cukup setiap malam, maka kualitas tidur juga jadi lebih baik.

Meski begitu, hal ini kerap sulit bagi beberapa orang. Untuk itu, beberapa ahli memberikan taktik tambahan satu hingga dua jam setiap malam sampai Anda masuk ke pola tidur sehat.

3. Latihan tidur

Olahraga bukan hanya meningkatkan energi namun juga membuat tidur berkualitas. Tapi pastikan Anda tidak melakukan olahraga atau ke gym sebelum tidur. Beberapa ahli menyarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik tiga jam sebelum tidur.

4. Jadikan tempat tidur sebagai wilayah pribadi

Anda hanya boleh tidur dan melakukan hubungan intim di tempat tidur, kata Dautovich. Sisanya, lakukan di ruang lain.

Yang mungkin sulit dilakukan adalah jika Anda terus-menerus memeriksa email atau mengecek media sosial ketika Anda tidak bisa tidur.

5. Atur waktu tidur 

Seperti makan atau minum, tidur merupakan kebutuhan dasar manusia. Maka itu, Anda dapat mengatur waktu tidur yang menyenangkan. Jika sulit melakukannya, Anda harus membuat rileks pikiran dan tubuh untuk mempersiapkannya.

Yang jelas, sisihkan 30 menit atau lebih sebelum tidur. Matikan ponsel. Dan ganti pakaian tidur. 

Namun, jika Anda tidak bisa tidur, jangan memaksakan diri untuk berbaring dalam gelap. Yang perlu dilakukan adalah keluar dari tempat tidur, melakukan yang santai, seperti membaca atau bermeditasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini