Sukses

Hati-Hati, Ini Bahaya Jika Minum Air Berlebihan

Minum air berlebihan dapat merugikan diri Anda.

Liputan6.com, Jakarta Pepatah berkata sesuatu yang berlebihan tak akan berujung pada kebaikan. Seperti halnya dengan minum air berlebihan dapat merugikan diri Anda.

Melansir laman India Times, Rabu (20/7/2016) penelitian telah menemukan adanya indikasi negatif dari mengonsumsi air secara berlebihan, sebagai berikut:

1. Kerusakan ginjal
Saat tubuh menerima banyak air, frekuensi buang air kecil akan meningkat. Secara ilmiah buang air kecil berlebihan akan menyebabkan ginjal bekerja dengan intens untuk menstabilkan tubuh.

Saat Anda mengonsumsi banyak air tanpa berhenti, yang akan terjadi adalah darah dalam tubuh menjadi lebih encer dan ginjal tidak dapat menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh dengan tepat.

Natrium dalam tubuh berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh. Jika tak bekerja efektif, kekurangan natrium dapat menyebabkan kelelahan, mual, dan sulit menahan pembuangan air kecil.

2. Pengaruhi tekanan jantung
Minum air terlalu banyak akan menyebabkan peningkatan volume darah tubuh dan hal ini dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, sehingga mempengaruhi pembuluh darah dan tekanan jantung.

3. Pengaruhi sistem peredaran darah
Kecenderungan minum air terlalu banyak dapat mencairkan cairan tubuh yang mempengaruhi kandungan natrium dalam tubuh menjadi sangat rendah. Hal ini dapat menyebabkan sel-sel membengkak, hilangnya kesadaran, kejang, bahkan koma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini