Sukses

5 Latihan Kaki Bikin Pegal-Pegal Lenyap

Dokter terapi fisik, Lauren Loberg, merekomendasikan beberapa latihan untuk mengatasi rasa pegal yang kadang muncul dari kaki.

Liputan6.com, Jakarta Kaki merupakan modal mobilitas yang paling kita andalkan. Kemana pun melangkah, kakilah yang memberikan kekuatan menopang tubuh. 

Dokter terapi fisik, Lauren Loberg, mengatakan kaki sangat penting dijaga keseimbangannya. Untuk itu, dia merekomendasikan beberapa latihan untuk mengatasi rasa pegal yang kadang muncul dari kaki.

Ikuti latihan ini, seperti dikutip Livestrong, Rabu (19/7/2016):

1. Toe Spread and Press (Angkat tumit dan tekan)

Jika Anda sering merasa nyeri pada bagian telapak kaki, latihan ini akan berguna. Seperti halnya atlet lari yang rentan mengalami Plantar fasciitis (nyeri tumit), Loberg pun mengatur latihan lini.

Cara melakukannya cukup mudah. Pertama-tama, berdiri dengan kaki selebar pinggul. Angkat kaki dan angkat sejauh yang Anda bisa. Tahan selama beberapa detik. Kemudian, lakukan sebaliknya. Tekan jempol kaki ke bawah tanpa membiarkan sebagian kaki terangkat. Lakukan sepuluh repetisi tiga kali per minggu.


2. Standing Calf Raise

2. Standing Calf Raise

Terapis medis, Mark Schneider, merekomendasikan latihan ini untuk mengatasi rasa pegal kaki hingga betis.

Caranya cukup dengan berdiri dengan kaki selebar bahu. Angkat tumit dan fokuskan beban tubuh di jari kaki. Lakukan hingga lima set 20 kali pengulangan.

3. Tulis Alphabet

3. Write the Alphabet

Untuk mengatasi rasa pegal pada pergelangan kaki dan jempol kaki, Schneider merekomendasikan menulis alfabet dengan jempol kaki Anda. Latihan ini akan mengurangi ketegangan tendon di bagian atas kaki.

4. The Asterisk

4. The Asterisk

Latihan ini memperkuat tumit, jempol kaki, dan jari kelingking kaki. Hal ini juga meningkatkan mobilitas pergelangan kaki karena berat badan.

Berdiri tegak dengan tumpuan berat badan pada kaki kanan. Arahkan jari kaki kanan Anda dan tekan lantai di depan kaki kiri. Kemudian ulangi, bergerak berlawanan arah jarum jam. Akhiri dengan menekan kaki menunjuk belakang dan di kaki lainnya. 

5. Bent-Knee Heel Raises

5. Bent-Knee Heel Raises

Latihan ini akan menguatkan tendon Achilles. Latihannya bisa Anda lakukan di atas bangku atau kotak, dengan posisi tumit menggantung di tepi. Tenangkan diri dengan menempatkan tangan di dinding di depan Anda. Mentransfer berat badan ke kaki kiri. Lalu angkat tumit. Ulangi pada kaki kanan. Lakukan dua set 15 kali per kaki tiga kali seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.