Sukses

Kayu Manis Bikin Otak Makin Encer

Liputan6.com, Jakarta Berikan kayu manis secara rutin pada anak yang sulit mengingat semua pelajaran di sekolah. Kayu manis dapat Anda tambahkan pada roti yang disantap sebelum pergi ke sekolah memberi manfaat luar biasa pada daya ingat anak-anak.

Demikian penemuan para ilmuwan menyebutkan. Dalam sebuah penelitian, otak dari tikus-tikus yang dijadikan kelinci percobaan oleh para peneliti dari Rush University di Chicago, Amerika Serikat, dapat berfungsi dengan normal setelah sebelumnya sempat mengalami kerusakan.

Hal ini bisa terjadi lantaran kayu manis yang masuk ke dalam tubuh mereka berubah menjadi natrium benzoat, bahan kimia yang digunakan sebagai terapi untuk memperbaiki kerusakan otak hingga otak menjadi cerdas atau orang sering menyebutnya 'encer'.

Profesor penelitian dari Rush University, Kalipada Pahan, menjelaskan, ketika natrium benzoat ini masuk ke dalam tubuh tikus, tampak terjadi peningkatan CREB (protein yang bertanggung jawab untuk meningkatkan daya ingat) dan penurunan GABRA5 (protein yang menghambat tonik di otak). Perubahan ini nantinya menyebabkan terjadinya peningkatan memori dan pembelajaran di antara tikus-tikus.

"Kami telah berhasil menggunakan kayu manis untuk membalikkan perubahan biokimia dan anatomi yang terjadi di dalam otak tikus yang sulit belajar,"kata Kalipada dikutip dari Times of India, Selasa (19/7/2016). Para ilmuwan berharap manfaat yang sama juga dapat dirasakan manusia ketika mengonsumsi kayu manis.