Sukses

Akibat Buruk bagi Anak Bila Ortu Pemakai Narkoba

Orangtua pemakai obat-obatan terlarang atau bahkan pengedar narkoba dapat memberi pengaruh buruk bagi kesehatan dan perilaku anak-anaknya.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua pemakai obat-obatan terlarang atau bahkan pengedar narkoba dapat memberi pengaruh buruk bagi kesehatan dan perilaku anak-anaknya.

Orangtua pada dasarnya bertanggung jawab menciptakan lingkungan pengasuhan yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada anak. Di sisi lain, anak adalah peniru ulung. Apa yang Anda lakukan hari ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal serupa di kemudian hari oleh anak Anda sendiri.

Vincent Smith, Neonatalogi di Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC), Boston, Amerika Serikat mengatakan, anak yang berasal dari orangtua seperti ini biasanya akan berjuang keras agar terhindar dari gangguan yang disebabkan oleh penggunaan zat-zat terlarang seperti narkoba.

Efek buruk lainnya, anak-anak sering mengalami keterlambatan perkembangan yang kemudian dapat mempengaruhi kesehatan mental dan perilakunya.

Dikutip dari Times of India, Selasa (19/7/2016), laporan yang muncul dalam Jurnal Pediatrics online menyebutkan bahwa anak-anak yang berasal dari keluarga peminum, pemakai obat-obatan terlarang, dan pengedar narkoba lebih rentan mendapat pelecehan seksual dan mengalami gangguan emosional, termasuk sering merasa diabaikan oleh orang-orang di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.