Sukses

Penanganan Kilat Redakan Mata Gatal

Penanganan kilat saat mata terasa gatal dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Mata menjadi bagian tubuh yang perlu dilindungi, namun untuk melindunginya membutuhkan cara yang ekstra hati-hati. Sebab mata bersifat sensitif.

Hal umum yang terjadi pada mata ialah kemerahan, kekeringan, juga rasa gatal. Saat permukaan kulit terasa gatal, mungkin Anda bisa menggaruk perlahan namun tidak dapat Anda lakukan jika terjadi pada mata.

Rasa gatal mata umumnya disebabkan oleh alergi, tetapi jika berlangsung secara singkat Anda dapat menanganinya dengan meneteskan cairan atau pelumas khusus mata untuk meredakannya. Seperti dilansir laman Allaboutvision, ditulis Selasa (18/7/2016) Anda juga dapat mengompres mata dengan air dingin atau es batu untuk meredakan kegatalan.

Namun jika rasa gatal berlangsung panjang bahkan parah, Anda membutuhkan antihistamin yaitu komponen obat yang berfungsi khusus mengobati alergi.

Penting untuk diingat bahwa selama gatal berlangsung, dilarang keras untuk menggosok area mata, sebab akan menyebabkan kemerahan, peradangan mata, hingga gangguan mata lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.