Sukses

Ajak Anak Berlari agar Dia Lebih Pintar

Namun tahukah Anda bahwa olahraga, khususnya lari dapat membuat Anda lebih pintar?

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak sekolah mungkin terpikirkan untuk mencoba keluar dari kelas olahraga. Namun tahukah Anda bahwa olahraga, khususnya lari dapat membuat Anda lebih pintar?

Sebuah studi menemukan hubungan antara latihan daya tahan jangka panjang, seperti lari dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi sehat, seperti yang dilansir dari Teenvogue, Senin (18/7/2016).

"Olahraga seperti berlari dapat memicu perubahan dalam otak yang dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda dalam belajar dan mengingat," kata peneliti dari National Institutes of Health.

Studi tersebut juga menunjukkan, bagaimana olahraga dapat melatih otot-otot yang berbeda di dalam tubuh, serta melepaskan protein cathepsin B yang membantu pemulihan otot setelah latihan.

"Cathepsin B banyak ditemukan pada tikus, monyet, dan manusia yang berlari dalam waktu lama. Jadi pada dasarnya, semakin Anda banyak berlari, maka semakin baik pula kerja otak Anda," ungkap peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.