Sukses

3 Langkah Persiapkan Anak Hadapi Hari Pertama Sekolah

Hari pertama sekolah merupakan langkah besar bagi setiap anak.

Liputan6.com, Jakarta Hari pertama sekolah merupakan langkah besar bagi setiap anak. Sebagian dari mereka terkadang merasa gelisah, kurang nyaman memulai fase baru dalam hidup mereka.

Sebagai orangtua, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu buah hati menghadapi hari pertama sekolah. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan sebelum hari pertama sekolah si Kecil dimulai, dikutip dari laman Mirror, Minggu (17/7/2016):

1. Bantu menyiapkan keperluan sekolah

Pastikan Anda telah menyiapkan segala keperluan sekolah anak beberapa hari menjelang hari pertama sekolah dimulai. Libatkan anak dalam proses memutuskan, meskipun hanya memilih kotak makan mereka. Hal itu akan membuat anak bersemangat memulai bersekolah.

Beri label pada pakaian mereka dan beritahukan letaknya pada anak sehingga dia bisa memeriksanya sendiri.

2. Bicarakan hal yang akan dihadapi

Jelaskan pada anak mengenai peraturan, rutinitas, serta jadwal sekolah sehingga anak paham apa yang akan dihadapinya. Yakinkan mereka bahwa ada guru yang akan membantu mereka dan Anda pun akan selalu ada di setiap penghujung hari untuk membahasnya. Anda pun boleh menceritakan pengalaman hari pertama sekolah Anda pada anak.

3. Ajak anak kenali lingkungan sekolah

Tak ada salahnya mengajak anak mengenal lingkungan sekolah barunya. Ajaklah anak berkeliling saat sekolah sepi. Tunjukkan pintu gerbang, taman bermain, dan kelas baru mereka jika memungkinkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini