Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Benarkah Seks Bisa Atasi Bersin-Bersin Akibat Alergi?

Seorang ilmuwan asal Iran memaparkan hipotesisnya bahwa seks atau masturbasi bisa meringankan bersin-bersin akibat alergi.

Liputan6.com, New York- Saat terpapar tungau debu, serbuk sari, atau pun kelupasan hewan bisa menyebabkan bersin-bersin pada orang dengan alergi. Selain itu bisa sebabkan hidung tersumbat maupun rasa tidak nyaman di sekitar hidung. Dalam istilah medis hal ini disebut hay fever atau alergi rhinitis

Untuk mengatasi reaksi alergi berupa bersin-bersin akibat paparan alergen, seorang neurolog asal Tabriz Medical University, Iran bernama Sina Zarrintan bisa diatasi dengan seks atau pun masturbasi.

Hipotesis ini ia kemukakan terkait hubungan antara hidung dan organ genital terkoneksi sistem saraf simpatik. Ini adalah sistem saraf yang bertugas mengendalikan refleks tertentu.

Zarrintan menduga hidung tersumbat terjadi karena pembuluh darah di hidung yang bengkak dan meradang. Namun pada saat ejakulasi sistem saraf simpatik membuat pembuluh darah mengencang. Hal tersebut bisa menenangkan pembuluh darah hidung yang bengkak dan membebaskan jalan napas.

Sayangnya ia belum melakukan percobaan klinis untuk mengembalikan hipotesis. Namun hipotesis ini sudah dipublikasikan dalam jurnal Medical Hypotheses.

"Jika memang sesuai hipotesis, bisa menggantikan obat dekongestan. Seperti diketahui asupan dekongestan bisa memicu hipertensi. Penggunaan dekongestan lebih dari dua-tiga hari juga bisa membuat hidung tersumbat lebih parah," kata Zarrinta mengutip laman New Scientist, Senin (18/7/2016).

Jika kondisi hay fever dirasa berat, Zarrintan baru menyarankan untuk melakukan seks bagi yang sudah memiliki pasangan atau pun masturbasi. 

"Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi hidung tersumbat. pasien dapat menyesuaikan frekuensi seks atau masturbasi tergantung beratnya gejala," kata Zarrintan lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.