Sukses

Tips Tampil Cantik dengan Kulit Sehat Tanpa Makeup

Kulit yang sehat dan cantik tentunya jadi nilai tambah saat tampil tanpa makeup.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar wanita menyukai makeup. Sedikit pulasan makeup bisa menyulap wajah jadi tampak lebih menarik. Lagipula siapa yang tak tergoda mencoba berbagai warna dan jenis lipstik?

Beberapa survei pun menunjukkan, wanita yang menggunakan makeup lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Alasannya, wanita yang mengenakan makeup terlihat lebih percaya diri dan meyakinkan.

Tapi tentunya tak berarti wanita tidak bisa tampil menarik tanpa makeup. Diperlukan keberanian untuk tampil apa adanya. Tentunya kulit Anda akan jadi sorotan utama.

Kondisi kulit yang sehat dan cantik tentunya jadi nilai tambah saat tampil tanpa rias wajah. Berikut tips tampil cantik dengan kulit sehat tanpa makeup, dikutip dari laman Glamour, Minggu (17/7/2016):

1. Lakukan yoga dan meditasi

"Dalam yoga Kundalini, napas memainkan peranan penting, gerakan yoga dan urutannya didesain untuk mendetoks ginjal dan lever," jelas Wah Khalsa, direktur eksekutif Golden Bridge Yoga di New York City dan Santa Monica, California, Amerika Serikat.

Gerakan yoga juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Artinya, kulit jadi tampak lebih berkilau dan kencang. Khalsa juga menyukai olahraga yang bersifat meditasi seperti Cannon Breath.
Anda bisa mencobanya di rumah. Pejamkan mata, buka mulut membentuk huruf "O" dan hembuskan napas secara ritmis dan cepat dari perut. Lakukan selama beberapa menit setiap pagi.

"Yoga meredakan jerawat," ucap Desiree Pais, founder perawatan kulit Benshen. Menurutnya, yoga Kunalini dan meditasi mengubah segalanya.

2. Memijat wajah

"Pijat wajah sangat baik untuk mengalirkan darah dan oksigen ke permukaan kulit," kata ahli pijat wajah Tammy Fender.

Jadi, luangkan beberapa menit ekstra untuk melakukan gerakan memutar ketika membubuhkan cleanser atau lulur saat membersihkan wajah. Begitu pula saat Anda menerapkan minyak, serum, atau krim, tekan atau tepuk wajah.

"Gerakan menekan itu akan membuat wajah lebih cerah," ujar Fender.

3. Ganti kopi dengan teh herbal

Semakin banyak bukti menunjukkan, produk herbal membantu menyehatkan kulit. Ahli herbal medis Daniela Turley menyukai kalendula untuk meredakan kulit sensitif.

Sementara untuk antioksidan sehari-hari, Daniela menggunakan kunyit, akar licorice, atau ginkgo. Anda hanya perlu menambahkan satu sendok teh herbal tersebut ke dalam smoothies atau teh hangat.

Anda juga bisa mencoba adaptogen, tanaman obat yang membuat tubuh lebih mudah mengatasi stres dan masalah hormonal seperti jerawat.

Drektur kreatif Sun Potion, Nitsa Citrine menyarankan ashitaba yang kaya B12 dan ampuh meregenerasi sel. Anda bisa mencampur ashitaba dengan air dan mengoleskannya pada jerawat.

4. Bijak memilih produk olahan susu

Studi menemukan hubungan antara produk susu sapi dengan munculnya jerawat pada beberapa orang. Jika Anda memiliki masalah jerawat atau eksim, Turley menyarankan mengganti produk olahan susu sapi dengan santan atau susu kambing.

Susu kambing mengandung lebih tinggi kalsium dibandingkan susu sapi. Sementara santan mengandung jaringan asam lemak sedang yang tak akan menyebabkan inflamasi.

5. Sering tersenyum

"Ketika Anda tersenyum, meski palsu, itu akan melepas endorfin yang meningkatkan sirkulasi," ujar Fender.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini