Sukses

Kenangan Anies Baswedan Saat Hari Pertama Masuk SD, Lupa Bawa Tas

Puluhan tahun lalu, saat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan masuk SD pertama kali lupa bawa tas.

Liputan6.com, Jakarta Kenangan puluhan tahun lalu saat hari pertama masuk Sekolah Dasar (SD) begitu berkesan bagi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Anies ingat betul pada hari pertama sekolah, dia diantar oleh sang ibu. Tapi sesampainya di sekolah baru sadar tidak membawa tas.

"Saya masih ingat saat masih SD diantar oleh ibu dibonceng naik motor. Sesampai di sekolah baru sadar belum bawa tas. Waktu itu dikira kalau hari pertama belum belajar," kata Anies dalam video "Hari Pertama Sekolah 2016-2017"yang diunggah di Youtube oleh Redaksi Dikdasmen ditulis Minggu (17/7/2016).

Sang ibu dan Anies pun segera mencari tas untuk hari pertama sekolah. Bukan pulang untuk mengambil tas yang ada, melainkan datang ke toko untuk membeli tas. Lalu kembali lagi ke sekolah seperti dituturkan Anies.

Menurut Anies pengalaman dinamika itu tak terlupakan bagi dirinya yang kala itu masih kecil.

Kini, Anies dengan jabatannya mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah yang sebagian besar jatuh pada 18 Juli 2016.

"Ketika anak diantara ke sekolah, dititipkan pada guru terasa ada sebuah jalinan bahwa anak ke sekolah bukan hanya dikirim ke gedung sekolah tapi ini adalah penyerahan kepercayaan kepada guru dan kepala sekolah," kata Anies lagi dalam video tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini