Sukses

Kisah Selebritas Indonesia yang Meninggal karena Obesitas

Tak hanya orang biasa, para selebritas tanah air ada yang memiliki berat badan amat berlebih. Beberapa diantaranya sudah ada yang meninggal.

Liputan6.com, Jakarta Obesitas tak hanya sekadar urusan berat badan berlebih. Lebih dari itu, obesitas dapat menganggu kesehatan.

Selain membuat gerak tubuh terbatas, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, obesitas meningkatkan risiko terkena penyakit tidak menular seperti tekanan darah tinggi, diabetes melitus, penyakit jantung dan sesak napas.

Di Indonesia, angka orang dengan obesitas termasuk tinggi. Berdasarkan jurnal Lancet di 2014, merujuk Riset Kesehatan Dasar 2007 dan 2010, Indonesia masuk 10 besar negara dengan orang gemuk terbanyak.

Tak hanya orang biasa, para selebritas tanah air pun ada yang memiliki berat badan amat berlebih. Beberapa diantaranya sudah ada yang meninggal dunia. Dari berbagai sumber berikut artis-artis yang meninggal dunia karena obesitas.

1. Big Dicky

Pelawak yang juga sempat mengisi acara "Ngelenong Nyok" sempat masuk rumah sakit karena obesitas. Namun pada Jumat, 9 November 2007 pukul 13.40 Big Dicky menghembuskan napas terakhir pada usia 32 tahun.

Kepergian pria bernama asli Agung Firmansyah ini disebabkan karena komplikasi penyakit paru dan jantung akibat obesitas.

2. Ade Namnung

Masih kental dalam ingatan banyak orang bagaimana pelawak dan presenter Ade Namnung menghibur. Aksi kocaknya membuat banyak orang terpingkal-pingkal hingga sakit perut. Salah satu yang diingat ketika pria bernama asli Syamsul Effendi bermain dalam "Tawa Sutra".

Namun sayang, Ade menghembuskan napas terakhir pada Selasa, 31 Januari 2012 karena serangan jantung. Sebelum meninggal Ade sudah dirawat di rumah sakit, karena stroke dan pendarahan di otak.

3. Bambang Triyono

Bagi Anda angkatan 90-an pasti tahu sosok pria yang satu ini. Bambang Triyono dikenal setelah memainkan peran jin tambun bernama Kentung dalam serial sinetron 'Tuyul dan Mbak Yul'.

Seiring berjalannya waktu, kesehatan Bambang pun tak lagi prima karena menderita stroke sejak 2010. Sejak saat itu hidupnya memprihatinkan. Mulai dari tidak bisa berdiri, kaki patah, hingga sang istri menceraikannya.

Pada Februari 2015 lalu ia meninggal dunia dan dimakamkan di Bantul, DIY.

4. Tarida Gloria

Serangan stroke membuat bintang teater, sinetron, dan film Tarida Gloria meninggal dunia pada Los Angeles, Amerika Serikat, tanggal 16 April 1995.

Bagi anak muda mungkin tak mengenal sosok wanita bertubuh besar yang satu ini. Aktingnya yang memukau membuat Tarida jadi primadona teater. Bahkan tubuh subur membuat namanya juga membubung sebagai aktris di era 80-90an.

5. Budi Klantink

Budi Klantink [Foto: anekafotounik.net]
Nama Budi Klantink terkenal sejak bersama grup musisi jalanan Klantink menjuarai ajang Indonesia Mencari Bakat. Namun sayang pria kelahiran 6 Juli 1980 itu meninggal dunia pada bulan September 2015.

Dikabarkan ia meninggal dunia karena komplikasi akibat konsumsi obat-obat diet. Memang ia mengalami penurunan berat badan signifikan. Biasanya 105 kg, menjadi 75 kg saat meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini