Sukses

15 Makanan Kaya Serat yang Sehatkan Pencernaan

Liputan6.com, Jakarta Serat adalah "sahabat" paling baik bagi pencernaan. Selain membuat rasa kenyang lebih lama, serat ampuh untuk mengatasi sembelit.

Menurut Dr Robynne Chutkan, seorang gastroenterolog dan penulis The Bloat Cure, serat membantu menciptakan semacam gel spons yang membantu kotoran keluar dengan mudah. Selain itu serat juga membuat kotoran menjadi lebih padat sehingga dorongan untuk BAB muncul lebih cepat.

Asupan serat terbaik bagi tubuh adalah yang berasal dari makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dengan begitu Anda akan mendapat dua jenis serat, yang cepat larut dan lambat dicerna sehingga baik untuk pencernaan.

Berikut daftar makanan kaya serat yang akan membantu melancarkan pencernaan Anda, dikutip dari laman Buzzfeed, Jumat (15/7/2016):

1. Ubi manis

Ubi manis atau ubi jalar merupakan sumber karbohidrat yang lezat dan penuh serat. (Foto: baby-recipes.com)

Satu buah ubi manis panggang mengandung 6 gr serat.

2. Raspberry

Satu cangkir raspberry memiliki 8 gr serta dan 65 kalori. Selain itu raspberry secara alami rendah gula.

3. Kacang hitam

Kacang hitam bisa dibilang paling kaya serat, satu cangkirnya mengandung kurang lebih 19 gr serat.

4. Edamame

Anda bisa mendapat asupan 8 gr serat jika menyemil satu cangkir edamame.

5. Apel

Cantik dengan apel. (via: istimewa)

Sebuah apel berukuran sedang mengandung 4,4 gr serat. Tambahkan dua sendok makan selai kacang dan Anda akan mendapat asupan 6,4 gr serat!

6. Avokad

Meski teksturnya lembut dan creamy,ada sekitar 9,2 gr serat dalam sebuah avokad.

7. Brussels sprouts

Satu cangkir brussels sprouts mengandung 4 gr serat. Mencampurnya dalam masakan lain akan membuat Anda mengonsumsi lebih dari satu cangkir brussel sprouts. 

1 dari 2 halaman

Quinoa

8. Quinoa

Satu cangkir quinoa masak mengandung 5,2 serat, membuatnya sempurna sebagai pengganti nasi.

9. Artichoke

Sekitar 7 gr serat terkandung dalam artichoke ukuran sedang. Sementara satu cangkir sajian artichoke mengandung 9,6 gr serat.

10. Blackberry

Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. (Istimewa)

Jenis buah berry yang satu ini tak hanya lezat melainkan juga Setiap satu cangkir blackberry mengandung 8 gr serat.

11. Prune

Enam buah prune kering memberi Anda g serat. Memasukkannya ke dalam adonan cake bisa jadi salah satu cara mendapat asupan serat.

12. Navy beans

Selain kacang hitam, navy beans juga kaya akan serat. Satu cangkir navy beans mengandung 19 gr serat. Anda bisa menambahkannya ke dalam salad atau mengolahnya jadi sup.

13. Chickpeas

Satu cangkir chickpeas masak mengandung 12,5 gr serat. Cocok untuk dijadikan kudapan ringan.

14. Brokoli

Brokoli. | via: espacio360.pe

Satu bongkah brokoli ukuran sedang mengandung 6 gr serat. Anda bisa mengolahnya jadi makanan lezat dengan memanggangnya disertai tambahan keju parmesan.

15. Biji chia

Satu ons biji chia mengandung 10 gr serat. Masukkan biji chia ke dalam menu sarapan pagi dan pencernaan Anda akan lancar.

 

Video Populer

Foto Populer