Sukses

Musik Mampu Tingkatkan Kekuatan Otak Selama Tidur

Mendengarkan musik sebelum dan selama tidur mampu mempengaruhi kekuatan memori dan kesehatan otak.

Liputan6.com, Jakarta Musik yang erat dengan kehidupan manusia mampu membantu dalam mengekspresikan perasaan hati individu. Bahkan tak hanya satu studi yang berhasil menunjukkan bahwa musik memiliki manfaat bagi kesehatan mental hingga memori.

Salah satu penelitian bahkan mengungkap, bahwa mendengarkan musik sebelum tidur mampu meningkatkan kemampuan otak, yang mempengaruhi memori menjadi lebih baik.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Jan Born dari University of Tubingen, Jerman, merekrut 11 peserta untuk diteliti. Peserta diminta untuk mendengarkan musik sebelum hingga selama tertidur lelap. Hasilnya, peneliti menemukan adanya pengembangan memori pada individu yang mendengarkan musik sebelum dan selama tidur. Sebelumnya, peneliti mengajarkan beberapa kata-kata kepada peserta yang akan dibacakan kembali di esok harinya.

Dikutip dari laman Counsel & Heal, ditulis Rabu (13/7/2016) para peneliti menyimpulkan bahwa usai mendengarkan musik saat tidur, para peserta mampu mengingat kata-kata yang peneliti berikan dengan baik.

"Kami menyajikan rangsangan musik akustik sebagai stimulasi suara dengan otak. Lantunan suara yang lambat dapat mempengaruhi irama otak memutar ingatannya kembali,"ujar Born.

Para peneliti juga percaya bahwa tidur dengan musik dapat meningkatkan pengalaman tidur secara keseluruhan. Peneliti yakin bahwa musik benar-benar dapat bermanfaat untuk kesehatan manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini