Sukses

Penyakit Mengerikan Intai Arya, Bocah Obesitas dari Karawang

Liputan6.com, Jakarta Bila masalah obesitas pada anak seperti Arya Permana asal Karawang tidak diatasi, maka masalah kesehatan yang mengerikan bisa datang.

"Penurunan berat badan itu demi kesehatannya. Jika terdapat lemak berlebih itu bisa memicu hipertensi, diabetes. Itu bisa menjadi penyakit mengerikan. Belum lagi bila ia memiliki kolesterol tinggi dan trigliserida tinggi," tutur dokter spesialis gizi klinik dokter Samuel Oentoro lewat sambungan telepon kepada Health-Liputan6.com, Selasa (12/7/2016).

Menurut dokter yang berpraktik di RS Siloam Semanggi ini, seseorang dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi berpotensi mengalami serangan jantung, stroke, atau penyakit ginjal. Lalu pada orang dengan kadar trigliserida tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dokter Samuel mengakui, beberapa pasiennya yang mengalami obesitas di usia belasan tahun telah menjadi penyandang diabetes. Namun dia selalu mendorong orangtua untuk tidak tergesa-gesa menurunkan bobot tubuh anak.

"Saya selalu memberi tahu ke orangtua (pasien) jangan beri target waktu yang penting terjadi penurunan berat badan demi kesehatannya," katanya.

Penurunan berat badan pada anak, kata dia, tidak bisa asal memangkas makanan. Anak-anak masih tumbuh sehingga membutuhkan asupan makanan. "Makannya dikurangi tapi tidak boleh berlebihan karena bisa mengganggu pertumbuhannya."

Dia menambahkan, bila Anda--orangtua dengan anak berat badan berlebih maupun obesitas seperti halnya Arya Permana, ada baiknya berkonsultasi hal ini kepada petugas kesehatan. 

Video Populer

Foto Populer