Sukses

9 Fakta Mengejutkan Seputar Penerbangan dan Awak Pesawat

Ada rahasia yang hanya diketahui pilot dan awak pesawat akhirnya terungkap.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah peraturan dibuat selama penerbangan semata-mata untuk keselamatan awak pesawat dan penumpang. Namun siapa sangka ada rahasia yang hanya diketahui pilot dan awak pesawat yang kini akhirnya terungkap.

Berikut ulasannya, seperti dikutip Mirror, Selasa (12/7/2016):

1. Kursi terbaik dan terburuk di pesawat

Meski Anda kesulitan melihat kondisi luar, kursi tengah atau dekat sayap dinilai paling aman. Sementara kursi paling belakang dinilai paling buruk.

"Pikirkan pesawat seperti jungkat-jungkit. Berada di tengah akan membuat kita nyaman," menurut salah seorang pramugari.

Dia mengungkapkan bagaimana aliran udara cenderung datang dari depan ke belakang pesawat, yang berarti udara segar di depan, terpanas di belakang. 

2. Telepon tidak mengganggu penerbangan

Ya, kita semua diminta mematikan ponsel ketika naik pesawat, tapi perlukah? 

Federal Aviation Administration (FAA) mendukung larangan tersebut. Alasannya? Mengganggu komunikasi pesawat dan sistem navigasi. FAA juga menyarankan semua penerbangan untuk memastikan penumpang mematikan hampir semua perangkat elektronik portabel selama fase kritis penerbangan, di bawah 10.000 kaki.

Namun, penumpang pesawat kadang mengabaikan--atau lupa. Jadi bahaya? Ternyata menurut seorang insinyur Boeing, David Carson, risikonya kecil sekali dan tidak ada bukti nyata bahwa elektronik menyebabkan masalah dengan sistem pesawat. Tapi bagi mereka yang sudah mempelajari aturan itu mengambil langkah aman daripada menyesal.

3. Turbulensi? Jangan khawatir

Kebanyakan turbulensi terjadi selama lepas landas dan mendarat. Tapi Anda perlu tahu, turbulensi hanya terjadi dalam waktu yang singkat dan pilot umumnya tidak terlalu khawatir tentang hal itu.

Laman Askthepilot.com menyebutkan, turbulensi kadang dianggap normal oleh pilot karena kondisi tertentu. Dan penumpang tidak perlu panik karena saat turbulensi, pilot akan memperlambat kecepatan--walaupun Anda tidak akan menyadarinya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilot tak makan di pesawat

4. Beberapa pilot membawa senjata

Ya. Pilot Amerika ada yang membawa senjata.

5. Pilot tidak pernah makan di pesawat

Ya, mereka tidak pernah makan di pesawat. Pilot mengatakan mereka makan secara terpisah untuk mengurangi risiko sakit perut serta kemungkinan ada racun. 

6. Jangan menyentuh kopi

Pernah seorang pilot dengan maskapai penerbangan domestik Amerika yang besar memperingatkan para penumpang untuk menghindari kopi selama penerbangan.

Selain rasa yang tidak enak, air minum yang disajikan pada penerbangan cenderung mengandung banyak bakteri.

NBC melaporkan, dari dokumen yang dibuat oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), tangki air--tempat menyimpan air minum mengandung sedimen yang tinggi--lebih mirip dengan kolam sampah. Tes yang dilakukan pada perusahaan penerbangan besar Amerika seperti United Airlines telah mendeteksi jejak bakteri seperti Pasteurella pneumotropica dan Pseudomonas, yang mudah bertahan dan sangat menular.

7. Jangan mudah menerima Delay terlalu lama

Ada orang yang beranggapan, lama penundaan (delay) akan mencegah risiko kecelakaan selama penerbangan dan sebagainya. Nyatanya, itu tidak selalu benar.

Sejumlah sumber menyatakan, ketika ada delay dengan alasan mekanik, penumpang biasanya diberitahu akan ada penundaan 45 menit. Jadi bila Anda diminta menunggu selama satu jam atau lebih, bisa jadi ada kebohongan.

8. Penerbangan pagi lebih baik

Bukan hanya karena langit yang cerah. Tetapi menurut perhitungan ahli, langit pagi cenderung kurang "bergelombang" sehingga risiko kecelakaan lebih rendah.

9. Pilot mungkin tidur siang

Pada penerbangan jarak jauh ternyata pilot akan tidur siang--tetapi tidak lebih lama dari 10 menit atau lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.