Sukses

Mensos Khofifah Sosok Ibu yang Dibutuhkan Anaknya

Liputan6.com, Jakarta Selain bertanggung jawab terhadap masyarakat dan negara, Khofifah Indar Parawansa yang tengah menjabat sebagai Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) tak sedikit pun melupakan peran dirinya sebagai seorang ibu dari empat orang anak.

Bahkan akibat setumpuk tugas yang harus diselesaikan Mensos Khofifah pun mengaku pernah diprotes oleh anak-anaknya.

"Ya sering diprotes kalo dulu, tapi sekarang kan udah pada dewasa ya jadi relatif beda format perhatiannya kepada mereka," katanya dalam program Wawancara Khusus di Liputan6.com, ditulis Senin (11/06/2016).

Meski sibuk, Khofifah selalu berusaha untuk menjaga komunikasi dengan anak setiap hari. Menurutnya membangun komunikasi adalah hal paling tepat, terlebih Khofifah telah merasakan sulitnya berkomunikasi dengan anak saat ia tak bisa berada 24 jam di samping anak-anaknya.

"Kalau dulu urusan PR anak di sekolah tuh urusan saya. Saya di posisi mana pun gitu anak-anak kan tidak tau ibunya sedang apa dan di mana. Bahkan suatu saat saya kebetulan sedang di Berlin anak saya bilang, 'Bu besok rotiku abis untuk dibawa ke sekolah'. Jadi urusan seperti itu memang urusan saya, tanggung jawab saya, tugas saya dan saya menikmati saja tugas itu bahwa anak saya ingat kalau rotinya abis ya dia cari ibunya," ujarnya.

Kejadian tersebut cukup menyadarkan Khofifah bahwa di tengah padatnya tugas dan pekerjaan ibu di luar rumah, anak selalu membutuhkan sosok ibu dalam hari-hari mereka.

"Jangan menganggap bahwa mereka (anak) mengganggu kita yang sedang bertugas tapi mungkin kita harus melihatnya dari sisi, 'Oh ya mereka butuh saya, mereka perhatikan saya maka mereka bersapa dengan saya'. Suatu saat mungkin sedih kalau kita datang ke rumah ternyata seluruh isi rumah cuek sama kita," tutupnya.