Sukses

Kenali Beragam Manfaat Kesehatan Daun Mint

Liputan6.com, Jakarta Jenis daun hijau ini lebih sering dikenal dengan sebutan daun mint. Namun ternyata nama lain dari daun mint ini berasal dari jenis tanaman bernama Pudina.

Walaupun daun pudina atau mint lebih sering digunakan sebagai penyedap makanan atau varian rasa di beberapa produk perawatan rambut, ternyata mengonsumsi daun pudina memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Mengutip laman Boldsky, Minggu (10/7/2016) cara terbaik mengonsumsi daun mint ialah dengan mengubahnya menjadi minuman seperti jus. Khasiat dari daun mint ini mampu menghilangkan rasa sakit--juga sebagai obat alami untuk meredakan perut mulas. Penelitian ilmiah modern telah menemukan berbagai manfaat kesehatan jus pudina. Jus pudina digunakan untuk mengobati nyeri perut dan sindrom iritasi usus besar.

Jus mint mengandung fitonutrien, antioksidan dan mentol yang efektif membantu memperlancar pencernaan bahkan mencegah kejang. Jus mint atau pudina menawarkan keuntungan antikanker yang berasal dari kandungan alkohol peryllyl di dalamnya. Kandungan tersebut sangat berguna untuk kanker usus besar dan kanker paru-paru.

Daun mint yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri juga ampuh digunakan dalam merawat kulit yang rawan jerawat. Dengan mengonsumsi jus ini kulit akan lembap alami, terhindar dari kusam, gatal dan bersisik. Tak hanya itu jus mint membantu untuk mengobati komedo dan noda bekas jerawat.

Tak habis membicarakan manfaat jus pudina, daun mint ini kaya akan asam rosmarinic dan anti-oksidan yang berguna menangkal radikal bebas dan mengurangi reaksi alergi pada tubuh.

Terlebih vitamin B, C, D dan E dalam daun mint dapat membantu meringankan nyeri haid, menetralisir darah, dan mengurangi rasa mual di pagi hari bagi ibu hamil.