Sukses

Manfaatkan Pos Kesehatan di Titik Jalur Mudik Ini

Kemenkes dan pihak pemerintahan terkait telah menyiagakan pos kesehatan di sejumlah titik arus balik yang dapat digunakan para pemudik

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Perhubungan, Kepolisian, Dinas Kesehatan, BPJS, Pertamina, dan rumah sakit di sekitar jalur mudik telah menyiagakan pos kesehatan di sejumlah titik.

Ini semua dilakukan karena Kemenhub memprediksi terjadinya kepadatan volume kendaraan di pertemuan arus Purbaleunyi dengan Cipali di KM 68.

Dirjen Pelayanan Kesehatan, Bambang Wibowo, mengatakan, bakal ada perubahan pola layanan di pos kesehatan selama arus balik.

Nantinya tim medis tidak sekadar menunggu di pos kesehatan melainkan turun ke lapangan untuk membantu secara langsung.

"Pihak Kemenhub sudah menyetujui dan mengizinkan petugas kesehatan untuk masuk Tol jika dibutuhkan," kata Bambang.

Bambang menambahkan, Kemenkes dan pihak pemerintah terkait juga akan menyiagakan 20 pos dengan ambulans roda empat dan roda dua di Brebes dan lima pos dengan ambulans roda empat dan dua di Tegal.

Mengingat kemungkinan potensi kemacetan arus balik bukan di dalam melainkan jelang masuk Tol, yaitu dari arah timur (Semarang atau Pekalongan) dan selatan (Purwokerto).

"Khusus masuk Tol Brebes timur dan Pejagan disiapkan masing-masing tiga ambulan roda dua," kata Bambang dikutip dari Sehat Negeriku pada Sabtu (9/7/2016)

Guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas di wilayah Jawa Barat, tambah Bambang, Kemenkes juga telah menyiapkan dua pos kesehatan yang terintegrasi dengan kepolisian dan PT. Jasa Marga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini