Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Cegah Gatal di Kulit Penis dengan 5 Langkah Ini

Kulit penis atau skrotum yang sering dilanda rasa gatal dapat dihindari dengan memperhatikan lima hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Alat vital pria dan wanita menjadi bagian tubuh paling intim yang memerlukan perhatian ekstra dalam merawatnya agar terhindar dari masalah gatal, iritasi, hingga infeksi.

Rasa gatal yang biasa menyerang vagina wanita ternyata dapat terjadi pada penis. Sebagian besar pria merasakan gatal di area kulit penis atau yang dikenal sebagai skrotum.

Mengutip laman New Health Guide, Jumat (8/7/2016) lipatan kulit di belakang penis hingga area selangkangan menjadi area paling rentan terhadap rasa gatal. Memang, kondisi ini bukan merupakan masalah kesehatan yang serius. Namun banyak pria yang asal menggaruk area tersebut saat gatal, sehingga menyebabkan terjadinya iritasi bahkan infeksi.

Untuk menghindarinya, penting bagi pria untuk memperhatikan kebersihan penis juga skrotum setiap hari dan mencermati lima hal berikut ini.

1. Bersihkan area selangkangan setiap hari. Dengan menjaga area tersebut dalam keadaan bersih akan mencegah rasa gatal juga pertumbuhan jamur. Kondisi lembab dan hangat di area tersebut mempermudah jamur tumbuh jika tak dibersihkan dengan tepat.

2. Pakailah pakaian bersih setiap hari dan jangan menggunakan pakaian terutama celana yang tidak dicuci berhari-hari. Hal ini menjadi pemicu utama pertumbuhan parasit dan infeksi di area intim pria.

3. Gunakan handuk yang bersih. Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain.

4. Kenakan pakaian yang 100 persen berbahan katun untuk menghindari iritasi.

5. Gunakan produk pembersih yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya pada sabun atau deterjen pakaian Anda. Sebab zat kimia dapat mempermudah iritasi pada penis semakin parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.