Sukses

4 Puskesmas Rawat Inap di Solo Siaga 24 Jam Selama Lebaran

Sebanyak empat puskesmas rawat inap di Solo bakal dioperasikan 24 jam selama arus mudik dan balik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak empat puskesmas rawat inap di Solo bakal dioperasikan 24 jam selama arus mudik dan balik Lebaran."Tenaga medis dan paramedis yang ada akan dikerahkan untuk membantu di posko-posko arus mudik dan balik Lebaran juga di 17 puskesmas induk, empat di antaranya dibuka selama 24 jam," kata Kepala DKK Pemkot Surakarta Siti Wahyuningsih di Solo.

Dia mengatakan empat puskesmas rawap inap yang bakal dioperasikan 24 jam yaitu Puskesmas Gajahan, Pajang, Banyuanyar, dan Puskesmas Mojosongo.Ia mengatakan di setiap puskesmas akan diberlakukan sistem piket bagi dokter dan tenaga medis. Menurutnya pengoperasian puskesmas juga rutin dilakukan pada momentum Lebaran.Dikatakan berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya tetap banyak warga yang memanfaatkan layanan puskesmas saat Lebaran.

"Kita berlakukan sistem piket, dan pPetugas akan bekerja secara bergilir. Saya mohon laporkan jika masyarakat menemukan ada puskesmas tutup," katanya.

Ia mengatakan selain menyiagakan puskesmas, juga membangun posko kesehatan selama Lebaran. Posko tersebut tersebar di Superindo Jl. Adisucipto, Terminal Tirtonadi, Jl. Bhayangkara, Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Gladag, Joglo, Taman Kerten, Purwosari.

Setiap posko, lanjut dia, akan ditempatkan empat tenaga medis. Tim siaga 24 jam dengan sistem sif, terbagi dalam tiga sif."Kami juga membekali obat-obatan di setiap posko. Tim kami akan bergabung dengan tim pengawasan keamanan dan lalu lintas di masing-masing posko," katnya.

Ia mengatakan seluruh unit ambulans yang dimiliki DKK juga ikut disiagakan. DKK memiliki 22 ambulans, di antaranya 17 unit berada di masing-masing puskesmas dan empat unit ada di Kantor DKK, plus satu unit ambulans milik RSUD Solo.

"Tidak hanya puskesmas yang disiagakan selama Lebaran. Namun seluruh rumah sakit yang ada di Solo tentunya juga siaga," katanya.Apotek 24 jam juga akan tetap buka selama Lebaran, sehingga pelayanan kesehatan tetap berjalan seperti biasa, katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.