Sukses

Jepit Telinga dengan Penjepit Baju Bisa Redakan Stres, Benarkah?

Rupanya dengan menggosok telinga Anda--atau menjepit telinga dengan penjepit baju--bisa menyembuhkan berbagai penyakit sesuai titik refleksi

Liputan6.com, Jakarta Stres merupakan hal yang mengganggu kita semua, tetapi apakah Anda tahu ada satu trik yang sangat cepat dan mudah yang akan membawa Anda ke dalam keadaan tenang bahagia?

Rupanya hanya dengan menggosok telinga Anda--atau menjepit telinga dengan penjepit baju--bisa menyembuhkan berbagai penyakit sesuai dengan titik refleksi. Teknik ini disebut "refleksologi telinga" dan bekerja dengan asumsi bahwa setiap bagian telinga kita terkoneksi dengan bagian lain dari tubuh.

Titik tekanan serupa ada pada kaki, tangan dan kepala. Dengan menekan bagian-bagian telinga Anda memiliki garis langsung ke organ internal--dan hal itu dapat mempengaruhi suasana hati dan menekan nyeri, seperti meringankan sakit kepala, tekanan sinus dan bahkan kecanduan.

Philippe Mathon, seorang ahli dan praktisi di refleksologi, mengatakan, "Ini adalah hal baik yang pasti setiap orang dapat lakukan di rumah. Jika mereka diberi tahu cara merefleksinya."

"Ada titik refleksi yang sama pada kaki tapi mereka perlu melepas sandal atau sepatu lebih dulu. Sedangkan memijat titik di telinga bisa mereka lakukan kapan saja," lanjutnya.

Namun, itu bukan ilmu pasti--dan ada diagram-diagram dan penjelasan yang berbeda seperti bagian telinga yang mana yang dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya, melansir Dailymail, Selasa (5/7/2016).

Wimp.com merekomendasikan hanya menggunakan penjepit baju selama beberapa detik dan tidak menggunakannya jika terasa sakit. Phillippe sendiri tidak menyarankan penggunaan penjepit baju karena akan terasa sangat menyakitkan. Dia juga mengatakan ada bagian dalam telinga yang tidak bisa diraih dengan penjepit baju.

Wimp.com menyarankan meremas lembut telinga Anda dan menarik mereka ke bawah sedikit pada waktu yang sama. Anda dapat menekan tepi telinga dengan ibu jari dan jari telunjuk, dari atas ke bawah. Jika Anda melihat adanya tekanan dalam tubuh yang menimbulkan rasa tidak nyaman maka lihat grafik dan pijat daerah yang sesuai.

Anda dapat menjepit di masing-masing daerah yang bermasalah secara berulang. Tapi, jika Anda merasa sakit, lebih baik segera periksakan diri ke dokter untuk pengobatan yang lebih efisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini