Sukses

7 Kiat Mengasuh Anak bagi Orangtua Tunggal

Tak perlu cemas, ada tip yang bisa diterapkan dalam mendidik dan mengasuh buah hati seperti disebutkan dalam Mayo Clinic.

Liputan6.com, Jakarta Membesarkan dan mengasuh anak bagi orangtua tunggal bukan hal mudah. Tak perlu cemas, ada tip yang bisa diterapkan dalam mendidik dan mengasuh buah hati seperti disebutkan dalam Mayo Clinic.

1. Tunjukkan kasih sayang. Ingatlah untuk selalu memuji anak. Beri mereka kasih sayang dan dukungan penuh agar mereka mengerti bahwa mereka tidak kekurangan kasih sayang.

2. Buat prioritas. Atur waktu tambahan setiap hari untuk bermain bersama. Bacakan buku cerita atau sekadar berbincang ringan tentang aktivitasnya. Selain memudahkan Anda memahami kesibukan anak hari itu, cara ini juga membuat hubungan dengan anak kian erat.

3. Hati-hati mencari pengasuh anak. Jika anak masih kecil dan Anda membutuhkan pengasuh untuk menjaganya, carilah perawat yang memenuhi syarat. Sedapat mungkin cari pengasuh dari tempat yang Anda percaya. Pastikan pengasuh dalam kondisi sehat dan tentu saja bisa memberikan stimulasi yang baik bagi anak Anda.

4. Buat aturan. Anak-anak tetap harus mematuhi peraturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama, misalnya berbicara dengansopan kepada Anda maupun mantan pasangan. Bekerja samalah dengan pengasuh untuk menerapkan aturan yang telah Anda buat.

5. Jangan merasa bersalah. Jangan menyalahkan diri sendiri, terlebih menyalahkan anak, karena menjadi orangtua tunggal bagi mereka.

6. Tetap berpikir positif. Suasana hati Anda saat ini bisa jadi akan berpengaruh pada anak-anak. Bila Anda sedang mengalami kejadian buruk atau hari yang tidak menyenangkan, katakan saja. Namun, ingatkan bahwa hal tersebut akan membaik dan Anda bisa mengatasinya.

7. Tetaplah menjadi orangtua yang menyenangkan. Agar mereka tetap merasa nyaman dengan Anda sebagai orangtuanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini