Sukses

Temukan 6 Manfaat Sehat Saat Konsumsi Kismis Setiap Hari

Kismis jenis buah yang kecil nan imut ini memiliki segudang manfaat kesehatan mulai dari mata hingga gigi.

Liputan6.com, Jakarta Selain ketupat lebaran dan opor ayam, makanan kecil seperti kue manis juga menjadi santapan khas di hari Lebaran. Beragam kue kering seperti putri salju, nastar, kue keju, hingga kue kismis ternyata memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh.

Kismis memang memiliki banyak nutrisi bagi tubuh. Seperti dilansir laman Boldsky, Jumat (01/7/2016) buah kecil ini tersedia dalam tiga warna berbeda yaitu hitam, hijau dan emas. Ketiga kismis kaya akan vitamin B, C, asam folat, zat besi, karoten, leutein, kalium, kalsium dan magnesium.

Mengonsumsi kismis akan memberikan energi, vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Bahkan kismis diklaim memiliki nilai gizi yang tinggi dan sifat obat. Sebab glukosa dan fruktosa dalam kismis ampuh meningkatkan energi serta bekerja baik bagi kulit dan rambut.

Berikut keuntungan jika Anda mengonsumsi kismis secara rutin:

1. Anemia

Kismis mampu meningkatkan jumlah darah pada penderita anemia. Kandungan zat besi dan B-kompleks dalam kismis akan mencukupi kebutuhan harian zat besi pada penderita anemia.

2. Kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh penting untuk mengonsumsi kismis berwarna hitam.

3. Osteoporosis

Kalsium pada kismis sangat baik bagi kesehatan tulang. 

4. Pencernaan

Masalah pencernaan sehari-hari seperti sembelit dapat diredakan dengan mengonsumsi kismis setiap hari. Dengan mengonsumsi kismis akan membuat gerakan usus teratur hingga racun dalam tubuh dapat keluar secara bersamaan.

5. Mata

Kismis kaya akan fitonutrien polifenol, sebuah senyawa yang mampu bekerja efektif untuk menjaga ketajaman pandangan mata. Bahkan kismis disebut dapat mencegah degenerasi makula yaitu kemunduran atau penurunan dalam segi penglihatan, yang memungkinan hilangnya fungsi penglihatan sentral. 

6. Gigi

Asam oleanolic dalam kismis bekerja baik dalam mencegah gigi dari pembusukan dan gigi berlubang.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.