Sukses

5 Rahasia Agar Tetap Awet Cantik

Untuk memiliki wajah cantik ini, tak perlu mengeluarkan banyak biaya

Liputan6.com, Jakarta Perempuan mana yang tidak ingin dibilang cantik? Hampir setiap perempuan pasti senang kalau dirinya menjadi cantik. Bukan cantik imitasi lho, tetapi cantik yang sebenarnya. Untuk memiliki wajah cantik ini, tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Kecantikan yang sebenarnya tak hanya dari luar, tetapi juga muncul dari dalam diri. Namun, biar dikatakan kecantikan dari dalam penting, banyak orang merasa kulit luar juga harus cantik. Well tidak masalah, toh pada dasarnya hampir setiap perempuan bisa mempercantik dirinya dengan langkah dasar yang sederhana. 

1. Pakai pelembab
Apapun jenis kulit Anda, pelembab adalah senjata penting bagi kulit wajah. “Yang diperlukan hanya pelembab yang bagus dan pembersih wajah yang ringan,” kata Rhoda Narins, MD, profesor dari New York University.  Pada usia 20 dan 30-an, pelembab yang bagus, tambah Darrick Antell, MD, ahli bedah plastik, dapat menggantikan banyak produk yang sebenarnya tidak diperlukan. Selain itu, pelembab tersebut juga dapat melindungi kulit dari penuaan dini.

Ciri pelembab yang baik adalah bila dapat menambah kelembaban, menguncinya, dan membantu kulit menghasilkan lebih banyak kelembaban. Hanya saja, menurut Charles E. Crutchfield III, MD, pelembab yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis kulit.
Untuk kulit normal cenderung kering, pilih pelembab yang mengandung asam alfahidroksi. Untuk kulit sangat kering, gunakan produk dengan teknologi emulsi vesikular. Untuk kulit berminyak, pakai pelembab ringan. Meski wajah memproduksi banyak minyak, Anda tetap membutuhkan pelembab.

2. Oleskan tabir surya
Ini pertanyaan penting yang sering diabaikan oleh para wanita. Sudahkah Anda menggunakan tabir surya saat pergi ke luar rumah? Kalau Anda masih lupa mengoleskan tabir surya, sekarang selalu pastikan untuk menggunakannya. Bukan hanya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tabir surya juga menghambat efek penuaan.

“Matahari berpengaruh pada produksi kolagen di kulit. Tanpa kolagen, kulit tidak dapat mempertahankan kelembaban, keremajaan, kekenyalan, dan tampilan tanpa keriput secara alami,” ujar Antell.

Menurut American Academy of Dermatology, tanpa perlindungan, beberapa menit dari paparan sinar matahari setiap hari selama bertahun-tahun bisa membuat perubahan pada kulit wajah. Bukan hanya akan terlihat lebih banyak kerutan, tetapi juga bintik-bintik penuaan.

Poleskan tabir surya secara rutin sebelum menggunakan rias wajah. Untuk touch up, gunakan bedak tabur ringan guna menambah perlindungan tambahan sepanjang hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gunakan pembersih wajah yang ringan

3. Gunakan pembersih wajah yang ringan
Dokter kulit memberi satu tip kecantikan terbaik, yaitu gunakan pembersih lembut secara rutin. Cara ini menjadi penting mengingat keinginan untuk membersihkan wajah, terutama bagi mereka dengan kulit berminyak, cukup tinggi. Bisa jadi dalam sehari Anda membersihkan wajah berkali-kali. “Menggunakan produk yang cukup keras, terutama sabun, bisa membahayakan kulit,” kata Crutchfield.

Mencuci wajah sebaiknya tidak lebih dari dua kali. Lebih dari itu, Anda akan merusak penahan lemak alami, mantel pelindung lubrikasi yang membuat kulit terlihat dan terasa sehat. Ketika pelindung ini hilang, integritas pelindung kulit terganggu. Kulit pun menjadi kering. Akibatnya muncul kerutan, gatal, kulit terkelupas, panas, dan kombinasi hal itu. Kalau ini yang terjadi, wajah Anda pun bakal terlihat lebih tua. Kata kuncinya, bersihkan wajah tak lebih dari dua kali dan pilih pembersih yang lembut.

4. Ganti produk rias wajah dua tahun sekali
Sebenarnya, bukan hanya produk rias wajah yang harus berubah. Tata rambut pun demikian. Menurut Nick Chavez, ahli tata rambut dari Beverly Hills, “Idealnya, penampilan Anda, termasuk tata¬nan rambut dan rias wajah diperbarui setidaknya dua tahun sekali dan berubah secara dramatis.”

Dengan mengubah penampilan, bukan hanya Anda akan terlihat lebih muda, tetapi juga lebih modern.

5. Pakai alat rias yang baik
Mampu membeli produk rias wajah yang mahal, tetapi tidak punya alat untuk membubuhkannya di wajah, sama juga bohong. Kuas misalnya. Kuas yang digunakan untuk membubuhkan eye shadow maupun blush on harus lunak dan terasa lembut di kulit.
Patokannya, kalau Anda ingin membubuhkan blush on maupun eye shadow dan terjatuh sebelum sampai ke wajah, pertanda kuas yang dipakai jelek. Ganti segera alat rias tersebut. Anda tidak mau wajah jadi tidak keruan gara-gara alat riasnya jelek, ‘kan? 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.