Sukses

Penyebab Kuku Rusak dan Arti bagi Kesehatan

Memiliki kuku yang sempurna setiap saat bukan hal yang mustahil.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kuku yang sempurna setiap saat bukan hal yang mustahil. Namun, sebagian wanita bertanya bagaimana sebaiknya merawat kuku agar sempurna.

Jika mata adalah jendela ke dalam jiwa seseorang, maka kuku adalah jendela kesehatan seseorang. Namun bagaimana jika kuku Anda mudah sekali rusak?

Dilansir dari Purewow, Kamis (30/6/2016), berikut adalah penyebab kuku yang mudah rusak dan apa artinya bagi kesehatan Anda:

1. Kering atau rapuh

Kuku yang mudah retak dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya tangan terlalu banyak terkena air, seperti saat mencuci piring, pembersih cat kuku, kekurangan vitamin A atau C, atau biotin.

2. Terdapat gelembung vertikal pada kuku

Seperti rambut yang mulai memutih dan muncul kerutan pada kulit, hal ini merupakan tanda normal dari penuaan, dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda bisa melakukan manikur untuk mempertahankan permukaan kuku tetap halus.

3. Terdapat gelembung horisontal pada kuku

Hal ini tidak begitu terkenal seperti gelembung vertikal di kuku, namun jika kuku Anda mengalami seperti ini, lebih baik segera berkonsultasi ke dokter, karena hal ini bisa menjadi tanda adanya penyakit pada hati, diabetes, atau infeksi.

4. Bintik-bintik putih kecil

Berlawanan dengan kepercayaan yang populer seperti kekurangan kalsium, hal ini bisa juga menjadi tanda adanya trauma ringan pada kuku, seperti terpentok pada sesuatu yang keras, namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

5. Kuku kuning

Semua hal seperti usia, merokok, dan sering menggunakan cat kuku dapat berkontribusi untuk membuat kuku menjadi kuning dan tidak sedap dipandang.

 

Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.